Salin Artikel

Kebakaran Dapur di Kota Malang, Api Berasal dari Tungku yang Menyala

MALANG, KOMPAS.com - Dapur milik warga di Jalan Sawojajar XI/66 Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, Jawa Timur, terbakar, Senin (21/3/2022) sekitar pukul 17.30 WIB.

Kebakaran dapur terjadi setelah ditinggal oleh pemiliknya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kota Malang, M Teguh Budi Wibowo mengatakan, penyebab kebakaran tersebut berasal dari tungku kayu bakar yang masih menyala.

Diduga, pemilik rumah lupa atau belum benar-benar mematikan api sebelum ditinggal.

"Kemudian ada tetangga yang awalnya melihat asap, lama kelamaan terdapat api yang membesar, kemudian kami mendapatkan laporan tersebut dan ditindaklanjuti untuk dilakukan pemadaman," kata Teguh saat dihubungi via telepon, Senin.

Teguh mengatakan, sebenarnya warga sudah mencoba berupaya memadamkan api menggunakan air dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dan dengan peralatan seadanya. Namun, api tetap menyala.

Proses pemadaman oleh petugas pemadam kebakaran hanya berlangsung sekitar 15 menit. Pihaknya menerjunkan lima mobil tangki dengan 15 personel dalam kejadian itu.

"Untuk kesulitan itu menuju lokasi akses rumah yang terbakar, sempat melakukan pemadaman lewat atap, tetapi semua lancar, sehingga api tidak sampai ke bagian rumah lainnya, untuk dapur memang terbakar karena di sana juga ada tumpukan kayu," katanya.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian itu karena rumah dalam kondisi kosong saat kebakaran terjadi. Pemilik rumah sendiri diketahui bernama Sudjianto.

Luas bangunan dapur yang terbakar diperkirakan sekitar 12 meter persegi. Untuk nilai kerugian masih dalam proses hitung.

Teguh mengimbau supaya warga lebih teliti mengecek tungku ketika hendak meninggalkan rumah.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/22/081247378/kebakaran-dapur-di-kota-malang-api-berasal-dari-tungku-yang-menyala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke