Salin Artikel

Puji Batik Blitar, Maria Selena: Jangan Remehkan Karya Anak Daerah...

Maria yang hadir pada penutupan Festival Batik Blitar Keren di Monumen Peta Blitar, Minggu (20/3/2022) petang, itu merujuk pada Batik Mawar Putih produksi Blitar yang sempat viral setelah dipesan pemain basket NBA Justin Holiday.

"Jangan remehkan karya anak daerah, potensi daerah ini ternyata bisa memiliki peluang yang sama dengan kota-kota besar," kata Maria di Monumen Peta Blitar, Minggu.

Menurut Maria, kemampuan batik Blitar menembus pasar internasional harus dijadikan motivasi bagi pelaku usaha lain, terutama usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari berbagai daerah.

"Ini lihat, saya memakai batik Blitar juga. Ini batik macan putih," ujar Maria menunjukkan batik yang dia kenakan.

Potensi daerah, kata Maria, juga besar di berbagai bidang yang lain.

Di dunia model, kata Maria, cukup banyak model asal Indonesia yang mampu berkancah di gelaran fashion show kelas dunia seperti Paris Fashion Week dan Milan Fashion Week.

"Kemarin ada model-model dari Indonesia yang berjalan di catwalk Paris Fashion Week, Milan Fashion Week. Padahal mereka berasal dari daerah, dari kota ke kecil seperti Blitar ini," kata Maria.

Pemulihan ekonomi pascapandemi

Maria juga mengaku terkejut dengan penyelenggaraan Festival Batik Blitar Keren setelah mulai adanya indikasi penurunan pandemi Covid-19.

Menurutnya, Blitar cukup cepat mengambil inisiatif memulai kegiatan promosi mendahului kota-kota lain di Indonesia.

"Saya quite surprised saat diundang ke sini, ke acara festival. Ini begitu cepat ya Blitar melakukan ini. Saya kira ini patut diikuti oleh daerah-daerah lain," ujarnya.

Festival Batik Blitar Keren diselenggarakan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar.

Selama festival yang digelar di kompleks Museum Peta Blitar di Jalan Sodancho Supriyadi, 18-20 Maret, dipamerkan puluhan produk UMKM dengan produk batik, kopi dan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disperindag Hakim Sisworo mengatakan, penyelenggaraan festival bertujuan memanfaatkan momen kebangkitan ekonomi, utamanya UMKM setelah mengalami penurunan selama dua tahun pandemi.

"Kebetulan karya Mas Yogi ini sedang viral maka kita manfaatkan juga momen ini," kata Hakim merujuk pada Yogi Rosdianta, pemilik Batik Mawar Putih.

Ketua HIPMI Kota Blitar Endry Rifan Saputro menambahkan, Festival Batik Blitar Keren merupakan ajang memfasilitasi promosi bagi produk usaha kecil terutama di bidang kerajinan batik.

"Kita utamakan usaha-usaha yang sedang dirintis untuk kita fasilitasi, karena tujuannya juga untuk memacu kewirausahaan di kalangan masyarakat," ujarnya.

Endry mengatakan, pihaknya akan menggelar kegiatan serupa dengan fokus pada produk lain selain batik.

"Kali ini batik yang kita utamakan, tapi lain kali kita akan cari lagi potensi Kota Blitar yang lain untuk kita dorong," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/21/115206378/puji-batik-blitar-maria-selena-jangan-remehkan-karya-anak-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke