Salin Artikel

Kasus Covid-19 di Kota Malang Turun, Isoter SKB Nihil Pasien

MALANG, KOMPAS.com - Kasus aktif Covid-19 di Kota Malang, Jawa Timur, terus menurun.

Berdasarkan data Pemkot Malang, pada Kamis (17/3/2022), kasus aktif Covid-19 di Kota Malang tersisa 544 orang. Jumlah itu turun dibandingkan dengan jumlah kasus aktif pada Minggu (13/3/2022) yang masih 923 orang.

Kondisi itu berpengaruh pada tingkat keterisian tempat tidur pasien di rumah sakit dan tempat isolasi terpusat (isoter).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, tempat isoter di Sanggar Kegiatan Bersama (SKB) saat ini dalam kondisi kosong. Situasi seperti itu sudah terjadi sejak sepekan sebelumnya.

"Tapi SKB masih terus operasional sampai nanti kita melihat berapa lama, kita evaluasi ini kalau tidak ada pemanfaatan atau tidak ada penghuninya (dalam waktu yang lama) baru kita sampaikan ke wali kota bagaimana untuk selanjutnya," Husnul saat diwawancara usai menjalani kegiatan pada Kamis (17/3/2022).

Begitu juga dengan kondisi di RS Lapangan Ijen Boulevard. Meski masih terisi, namun jumlahnya terus menurun. Dari total kapasitas 320 tempat tidur, yang terisi hanya puluhan.

"Yang di Ijen beberapa hari lalu (16/3/2022) tinggal 24 persen," katanya.

Husnul mengatakan, ada berbagai faktor kasus Covid-19 di Kota Malang menurun. Di antaranya adalah kesadaran masyarakat untuk tidak melanggar protokol kesehatan Covid-19. Selain itu peningkatan capaian vaksinasi.

"Kasus Covid-19 turun drastis, satu adalah masyarakat sadar untuk tidak melonggarkan protokol kesehatan, yang kedua capaian vaksinasi di Kota Malang untuk yang umum itu kan memang dosis satu dan duanya sudah di atas (100 persen)," ujarnya.

Saat ini, pihaknya fokus mengejar capaian vaksinasi booster atau dosis ketiga.

"Kita masih pantau sudah ada beberapa puskesmas yang habis vaksinnya, kita masih tunggu untuk dropping lagi, stok vaksin kita belum dapat dropping booster," katanya.

Meski kasus sudah menurun, pihaknya belum bisa menjamin adanya perubahan status dari pandemi ke endemi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/18/204724378/kasus-covid-19-di-kota-malang-turun-isoter-skb-nihil-pasien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke