Salin Artikel

Soal Kursi Wawali Mojokerto, Golkar Belum Bahas Nama, Gerindra Sudah Punya Calon

Partai pengusung pasangan Wali Kota Mojokerto dan wakil wali kota, Ika Puspitasari-Rizal Zakaria, sedang bersiap mengajukan sosok pengganti.

Salah satu partai pengusung pasangan tersebut, Golkar masih mencari sosok yang tepat untuk diajukan mengisi posisi tersebut.

"Kita belum membahas calon nama. Kita masih berkomunikasi dengan wali kota seperti apa kebutuhan sosok dan figur yang dicari," kata Ketua DPD Partai Golkar Jatim Sarmuji dikonfirmasi, Kamis (17/3/2022).

Sementara itu, partai pengusung lainnya, Gerindra telah menentukan sosok yang diajukan mengisi posisi itu.

Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad menyebut nama Wakil Sekjen Udi Suhandoro sebagai calon yang disodorkan.

"Sesuai arahan DPP, yang diusulkan sebagai calon wakil wali kota Mojokerto adalah Pak Udi Suhandoro," kata Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Udi disebut memiliki pengalaman politik karena sebelumnya pernah maju sebagai calon legislatif dari Dapil Jatim Nganjuk-Madiun melalui Partai Gerindra.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jatim Jempin Marbun menjelaskan, nama-nama yang diusulkan partai pengusung nanti akan diproses di DPRD Kota Mojokerto melalui mekanisme pemilihan langsung Pergantian Antar Waktu (PAW) Wakil Wali Kota Mojokerto.

"Ada panitia pemilihan yang dibentuk untuk menentukan siapa nama yang akan diusulkan menjadi wakil wali kota Mojokerto melalui sidang paripurna," terangnya.

Hasil pemilihan nanti dituangkan dalam berita acara dan dikirim ke Mendagri melalui Gubernur Jatim sebagai dasar pelantikan.

Ahmad Rizal Zakaria sebelumnya dilantik mendampingi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari sebagai pemenang Pilkada Kota Mojokerto 2018.

Pasangan Ika Puspitasari-Ahmad Rizal Zakariyah yang diusung Partai Golkar dan Partai Gerindra, memenangkan Pilkada Kota Mojokerto dengan perolehan suara 23.822 suara (31 persen) dari total suara daftar pemilih tetap 96.132 orang.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/17/143551378/soal-kursi-wawali-mojokerto-golkar-belum-bahas-nama-gerindra-sudah-punya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke