Salin Artikel

PAN Incar Wilayah Tapal Kuda Jadi Basis Politik di Jatim

Dalam sepekan ke depan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) pun diterjunkan untuk menggelar silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan pimpinan pondok pesantren di wilayah tersebut.

Selama ini wilayah tapal kuda Jawa Timur yang meliputi Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasurun, Situbondo dan Probolinggo identik dengan basis massa Nahdatul Ulama (Nahdiyin).

Ketua DPW PAN Jawa Timur Rizky Sadig optimistis dengan target tersebut, mengingat beberapa pimpinan pondok pesantren dan tokoh masyarakat di wilayah Tapal Kuda menurutnya sangat antusias maju melalui PAN di Pileg 2024.

"Anggota legislatif PAN juga tidak sedikit yang dari NU di Jatim," kata Rizky kepada wartawan di Surabaya, Rabu (16/3/2022).

Selain sebagai konsolidasi partai jelang Pemilu 2024, kunjungan Ketua Umum PAN ke Jatim menurutnya juga menjadi upaya menyerap aspirasi kultural masyarakat dan menemukan relevansi perjuangan PAN dengan kebutuhan masyarakat Jatim.

"Insyaallah pada saatnya Jatim akan menjadi basis PAN," terang anggota Komisi I DPR RI ini.

Lawatan Zulhas ke Jatim diawali dari Kabupaten Jember dengan berziarah ke Makam Habib Sholeh bin Muhsin al-Hamid.

Setelah itu ia meresmikan jembatan gantung di sekitar pantai Watu Ulo, kemudian mengunjungi Pesantren Madinatul Ulum pimpinan KH Lutfi Ahmad.

Selanjutnya Zulhas dan rombongan DPP dan DPW PAN Jatim juga dijadwal mendatangi Pondok Pesantren Al-Qodiri pimpinan KH Muzakki.

"Pak Zulhas juga akan bertemu dengan kepala daerah yang dilalui dalam rangkaian silaturahim nanti," jelasnya. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/16/202100978/pan-incar-wilayah-tapal-kuda-jadi-basis-politik-di-jatim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke