Salin Artikel

4 Daerah di Jatim Jadi Prioritas Pengawasan BNPT, Mana Saja?

Empat daerah tersebut yakni Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Magetan.

"Prioritas penanganan penanggulangan aksi terorisme di Jatim ada di empat daerah," kata Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar dalam keterangan resmi Polda Jatim saat menggelar pertemuan dengan Kapolda Jatim, Selasa (15/3/2022).

Sementara secara nasional, ada lima provinsi yang menjadi prioritas penanganan BNPT yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, NTB, termasuk Jatim.

Boy menuturkan, BNPT telah melakukan upaya khusus untuk menangani terorisme dan radikalisme dengan meningkatan kegiatan pencegahan di Jatim.

"Dimohon Polda Jatim agar membantu BNPT melakukan penguatan media sosial untuk memerangi terorisme dan radikalisme agar tidak dapat memengaruhi masyarakat," tambahnya.

Sementara itu Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta menyebut pihaknya akan mendukung dan menindaklanjuti segala kegiatan maupun atensi oleh BNPT terkait penanganan dan penanggulangan radikalisme dan terorisme di Jatim.

Polda Jatim, kata dia, membentuk Badan Pengelolaan Berita (BAPER) yang berisi sejumlah unsur, antara lain tokoh agama dan tokoh masyarakat serta organisasi wartawan.

Badan tersebut berfungsi menyaring, mengelola berita, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya radikalisme.

"Media sosial menjadi bagian penting dalam menghadapi terorisme dan radikalisme untuk saat ini. Kami merangkul semua elemen untuk masalah ini," jelasnya. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/16/134834578/4-daerah-di-jatim-jadi-prioritas-pengawasan-bnpt-mana-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke