Salin Artikel

30 Anggota Satpol PP Pingsan Saat Upacara yang Dihadiri Khofifah, Petugas Medis Pontang-panting

Mereka terlihat mulai bertumbangan saat mendekati pukul 09.00 WIB.

Ketika itu, upacara yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tersebut sudah berlangsung lebih dari 30 menit di bawah sinar matahari yang mulai terik.

Petugas pontang-panting

Saking banyaknya personel Satpol PP yang pingsan, petugas medis yang berjaga di tiga sudut Alun-alun pun terlihat pontang-panting memberikan pertolongan 

Beberapa anggota yang pingsan terpaksa harus digotong tanpa tandu karena tandu yang ada sedang digunakan untuk membawa anggota lainnya.

Kepala Seksi Pelayanan PMI Kota Blitar Lutfil Hakim mengatakan, setidaknya terdapat 30 anggota Satpol PP yang pingsan.

"Sekitar 30. Rata-rata karena terkena paparan panas, habis hujan kondisi lembap dan mereka pingsan," ujarnya di lokasi.

Hakim mengungkapkan, kesadaran personel Satpol PP mayoritas pulih setelah ditangani petugas medis. Namun, terdapat sekitar lima orang yang harus mendapatkan terapi oksigen.

Sementara itu, petugas medis dari Puskesmas Sukorejo Ahmad Tegar Sunu Prakoso menyebutkan, puluhan anggota Satpol PP yang pingsan mengaku tidak sempat sarapan.

"Kebanyakan ini karena mereka tidak sempat sarapan," ujar Sunu.


Selain itu, kata dia, banyaknya anggota Satpol PP yang pingsan saat mengikuti upacara itu juga disebabkan turunnya kondisi kesehatan akibat kegiatan geladi resik sehari sebelumnya.

"Kemarin pas geladi resik kan hujan deras di Kota Blitar. Jadi banyak yang kehujanan, bahkan sampai harus kerokan karena masuk angin," ujarnya.

Upacara tersebut berlangsung hingga sekitar pukul 09.30 WIB.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/16/111429678/30-anggota-satpol-pp-pingsan-saat-upacara-yang-dihadiri-khofifah-petugas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke