Salin Artikel

Diduga Pemanas Air Tersambar Petir, Sebuah Rumah di Kota Batu Terbakar

Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Moch Nastain mengatakan, awalnya warga melihat api di sekitar atap rumah tersebut.

Warga pun melapor ke petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu.

"Awalnya ada satpam hotel dekat situ yang melihat api kecil di rumah itu, lalu laporan ke petugas damkar (pemadam kebakaran)," kata Moch Nastain saat dikonfirmasi, Senin.

Sebanyak dua mobil pemadam kebakaran diterjunkan memadamkan api. Petugas membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menjinakkan si jago merah.

Berdasarkan penyelidikan awal, kebakaran diduga terjadi akibat korsleting pada pemanas air di rumah tersebut.

"Posisi water heater ini di atap genteng rumah, jadi di atas rumah dan rumah itu kosong ditinggal sama pemiliknya," katanya.

"Dari informasi yang ada tadi di lokasi kejadian, water heater ini posisinya terkena sambaran petir terus terjadi kebakaran dan diduga juga masih dalam posisi tersambung listrik," katanya.

Akibat kejadian itu, listrik beberapa rumah di sekitar vila sempat padam.

BPBD Batu dan Damkarmat Kota Batu mengimbau masyarakat lebih berhati-hati saat meninggalkan rumah.

"Seperti alat-alat kelistrikan untuk dimatikan, seperti kulkas dan lain sebagainya, kemudian juga kompor gas dicopot supaya tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/15/073629078/diduga-pemanas-air-tersambar-petir-sebuah-rumah-di-kota-batu-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke