Salin Artikel

7 Warga yang Terjebak Banjir di Kota Malang Berhasil Dievakuasi, Ada Anak-anak dan Perempuan Hamil

MALANG, KOMPAS.com - Setelah terjebak sekitar dua jam, tujuh warga di RT 05 RW 08 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, berhasil diselamatkan, Senin (14/3/2022) malam. Mereka terjebak karena rumahnya terendam banjir.

Mereka berhasil diselamatkan dalam proses evakuasi yang melibatkan tim relawan dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang serta pertugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang.

Proses evakuasi dilakukan menggunakan satu perahu karet mulai pukul 19.00 WIB.

Petugas PMI Kota Malang, Imanuel, mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi terkait adanya warga yang terjebak banjir pada pukul 18.30 WIB.

"Awalnya, informasi yang masuk cuma satu keluarga yang terjebak, namun setelah kita awal ke sini bersama tim BPBD Kota Malang, ternyata ada dua rumah," katanya.

Dari total tujuh warga yang terjebak, terdiri dari tiga perempuan dan empat laki-laki. Di antaranya terdapat balita berusia dua tahun dan ibu hamil.

"Semua selamat, tadi kita evakuasi dulu yang ada ibu hamil karena emergency bersama anak yang kecil laki-laki itu, itu di rumah pertama. Kemudian di rumah kedua ada dua perempuan ibu dan anak terus laki-laki suami dan anaknya sama saudara satu, semua selamat," jelasnya.

Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Malang, Hariyanto, mengatakan, ada beberapa kendala dalam proses evakuasi. Di antaranya kondisi gelap sehingga membutuhkan penerangan yang cukup. Kemudian arus air yang cukup deras.

"Tapi warga cukup tenang, kita arahkan tadi proses evakuasi berjalan lancar, satu rumah nggak sampai 10 menit, kita bisa menurunkan semua, karena rata-rata semua berada di lantai 2, kesulitannya hanya menurunkan warga lewat atap," jelasnya.

Pihaknya akan mendampingi warga yang terjebak itu, yaitu dengan menghadirkan tim trauma healing untuk menenangkan kondisi psikis korban.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/14/222442978/7-warga-yang-terjebak-banjir-di-kota-malang-berhasil-dievakuasi-ada-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke