Salin Artikel

Desakan Orangtua Siswa, Kota Blitar Kembali Terapkan PTM 50 Persen Mulai Besok

Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Blitar, Jaiz Alwi mengatakan, pelaksanaan PTM terbatas lebih mempertimbangkan desakan dari para pemangku kepentingan termasuk orangtua siswa.

"Mulai 15 Maret hingga 22 Maret kita putuskan pelaksanaan PTM terbatas. Ini lebih karena tekanan dari stakeholder pendidikan termasuk pihak wali murid," kata Jaiz saat dikonfirmasi wartawan, Senin (14/3/2022).

"Agar tidak terjadi learning loss, itu yang disampaikan stakeholder terutama dewan pendidikan Kota Blitar," tambahnya.

Menurut Jaiz, PTM akan dimulai Selasa (15/3/2022) dibatasi 50 persen dari kapasitas kelas dan tetap menegakkan protokol kesehatan.

Meski Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 telah mengizinkan pelaksanaan PTM 50 persen, ujarnya, mereka tidak menyinggung tren kasus di Kota Blitar yang belum turun.

"Prokes ketat harus dijalankan. Jika terjadi kasus harus segera dilaporkan ke Satgas agar segera dilakukan tracing. Jika positivity rate 5 persen atau lebih, PTM di kelas terjadinya kasus harus dihentikan sementara," jelas Jaiz.

Kata Jaiz, pihaknya menyerahkan pengaturan pelaksanaan PTM 50 persen kepada masing-masing sekolah, apakah akan membagi PTM dalam dua sif atau satu sif.

Kasus covid-19 turun

Ditemui terpisah, Wali Kota Blitar Santoso menyebut telah terjadi penurunan kasus Covid-19 secara signifikan di tingkat provinsi dan nasional.

Seiring dengan penurunan itu, lanjutnya, Pemerintah Pusat dan provinsi telah memberi sinyalemen pelonggaran kegiatan masyarakat termasuk di bidang pendidikan.

"Kita lihat di pusat sudah banyak pelonggaran, apakah terkait (durasi) karantina, tes PCR, termasuk PTM ada kelonggaran," ujar Santoso.

Selama dua pekan terakhir, PTM 100 persen di Kota Blitar dihentikan menyusul masuknya Kota Blitar sebagai salah satu daerah yang harus menjalankan PPKM Level 3.

Naiknya level PPKM yang harus dijalankan Kota Blitar terutama dipicu oleh terjadinya 4 kematian pada pasien Covid-19 sejak 22 Februari.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/14/201807078/desakan-orangtua-siswa-kota-blitar-kembali-terapkan-ptm-50-persen-mulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke