Salin Artikel

Bandara Juanda Dibuka untuk Penerbangan Internasional, Diawali Keberangkatan Jemaah Umrah

Pembukaan penerbangan internasional itu diawali dengan keberangkatan jemaah umrah pada Senin (14/3/2022).

Pembukaan layanan perjalanan tersebut sesuai hasil rapat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan stake holder penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya akhir pekan lalu.

Humas PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro membenarkan kebijakan tersebut. 

"Per hari ini Bandara Juanda dibuka untuk perjalanan internasional," kata Yuristo saat dikonfirmasi, Senin siang.

Di hari penerbangan pertama, kata dia, dijadwalkan 392 jemaah umrah akan terbang ke Arab Saudi dengan maskapai Lion Air.

Sebanyak 260 jemaah umrah kembali terbang dengan pesawat Garuda Indonesia pada Selasa (15/3/2022).

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Husnul Maram menyebut, selama hampir dua tahun, ada 9.000 lebih jemaah dari Jawa Timur yang tertunda jadwal keberangkatannya.

Setelah pintu Bandara Soekarno Hatta dibuka, saat ini tinggal 8.041 jemaah umrah yang siap diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"8.041 jemaah Umrah sisanya insyaallah akan akan berangkat dari Bandara Internasional Juanda. Tidak harus ke Jakarta," terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, jemaah umrah yang akan berangkat ke Tanah Suci sebagaimana kebijakan pemerintah setempat tidak diwajibkan syarat tes PCR.

Namun setelah pulang, sebagaimana kebiajakan pemerintah di sini, wajib melakukan tes PCR di Bandara Internasional Juanda.

"Jika ada yang positif Covid-19, kita siapkan 27 hotel di sekitar bandara Juanda dengan 1.299 tempat tidur untuk karantina," jelas Khofifah.

Khofifah berpesan, jemaah umrah di masa pandemi tetap harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat, baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi.

"Khususnya jemaah yang memiliki riwayat komorbid harus kebih ekstra hati-hati menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/14/151958278/bandara-juanda-dibuka-untuk-penerbangan-internasional-diawali-keberangkatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke