Salin Artikel

Wanita Di Banyuwangi Selundupkan Barang Diduga Sabu ke Tahanan Lapas, Disembunyikan di Sabun

FLD datang ke pos penitipan barang Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi, dengan bungkusan berisi nasi ayam, roti, mie instant, dan tiga buah sabun batangan berwarna merah muda, Sabtu (12/3/2022).

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuwangi Wahyu Indarto mengatakan, berkat kejelian petugasnya, barang yang diduga paket sabu di dalam sabun itu dapat segera dideteksi.

Petugas penitipan barang melihat kejanggalan pada sabun tersebut, karena terdapat goresan dan tidak utuh seperti sabun keluaran pabrik.

Saat dibuka, di dalam sabun terdapat enam paket diduga sabu-sabu yang masing-masing dibungkus potongan sedotan plastik berbagai warna.

"Sesuai dengan SOP yang berlaku, setiap barang maupun makanan yang akan dikirimkan kedalam Lapas wajib dilakukan pemeriksaan secara teliti dan menyeluruh,” kata Wahyu melalui telepon, Sabtu.

Saat ditanyai, warga Kecamatan Rogojampi itu hendak mengirimkan barang-barang itu kepada kerabatnya, pria berinisial MG yang sedang menjalani hukuman 5 tahun 4 bulan atas perkara narkoba.

Pihaknya pun memanggil MG dan berkoordinasi dengan Satuan Narkoba Polresta Banyuwangi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Saat ditanyai, MG mengaku bahwa barang-barang tersebut memang ditujukan untuk dirinya.

Dia telah memesan barang-barang tersebut melalui warung telepon khusus (Wartelsus) Lapas Banyuwangi, kepada seorang rekan di luar lapas.

“MG ini mengaku memesan barang terlarang itu kepada rekannya yang ada di luar lapas, dengan sambungan telepon melalui Wartelsus Lapas Banyuwangi, pada hari Jum'at kemarin,” kata Wahyu lagi.

Sebagai tindak lanjut, kasus tersebut telah dilimpahkan kepada Satuan Narkoba Polresta Banyuwangi untuk dilakukan penanganan dan penyelidikan.

Wahyu menyampaikan, bahwa pihaknya berkomitmen memerangi peredaran narkotika di dalam lapas, dengan melakukan pengawasan dan pemeriksaan yang ketat terhadap seluruh barang maupun orang yang masuk kedalam Lapas Banyuwangi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/12/211412878/wanita-di-banyuwangi-selundupkan-barang-diduga-sabu-ke-tahanan-lapas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke