Salin Artikel

Cek Longsor di Tol Pandaan-Malang, Kapolda Jatim: Harus Ada Penguatan Material Tebing

MALANG, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta mengunjungi lokasi longsor yang terjadi di Jalan Tol Pandaan-Malang kilometer 78 di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Rabu (9/3/2022).

Dalam kunjungannya, ia mengecek kondisi jalan yang tertutup material longsor dan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

"Kunjungan kami ke sini untuk melihat kondisi longsor. Dari tiga titik longsor yang terjadi, satu di antaranya kami waspadai," ungkapnya saat mengecek kondisi longsor di Tol Pandaan-Malang, Rabu.

Untuk mengantisipasi peristiwa serupa, Nico mengaku akan berpatroli rutin dan berkala di kawasan Tol Pandaan-Malang.

"Kami akan mengecek secara rutin bersama pihak pengelola tol, untuk melihat kondisi tebing yang berada di samping tol," tuturnya.

Apabila terdapat tebing yang berpotensi mengalami longsor, Nico akan meminta pihak pengelola tol dan pemerintah daerah untuk melakukan penguatan penahan tebing.

"Kami tadi melihat salah satu tebing terdapat garis air. Kami berharap pihak pengelola tol dan pemerintah daerah melakukan penguatan material," ujarnya.

"Agar pengendara yang melalui tol dapat melintasi jalan tol secara aman," imbuhnya.

Kemudian untuk mengantisipasi terjadinya korban, jenderal bintang dua itu akan menugaskan petugas patroli jalan raya (PJR) untuk menggelar patroli rutin. Dengan begitu, jika ada kejadian longsor, maka akan segera tertangani.

"Sehingga apabila terjadi bencana semacam ini (longsor) akan segera tertangani," ujarnya.

"Kami juga berpesan kepada masyarakat apabila melalui jalan tol, kecepatan kendaraan sesuai ketentuan yang berlaku, serta selalu menyalakan lampu kendaraan, agar jalan selalu terlihat," pesannya.


Diberitakan sebelumnya, arus kendaraam Tol Pandaan-Malang kilometer 78 lumpuh akibat longsor yang menutup ruas jalan arah Surabaya-Malang, Selasa (8/3/2022) sekitar pukul 14.50 WIB.

Ada tiga titik yang terjadi longsor di kawasan tersebut, yakni kilometer 78-900 arah Surabaya-Malang, kilometer 78-900 arah Malang-Surabaya, dan kilometer 78-800 B arah Malang-Surabaya.

Akibatnya, jalur kendaraan dari arah Surabaya-Malang untuk sementara waktu tutup total. Kendaraan dari arah Surabaya-Malang yang melalui tol terpaksa dialihkan ke exit tol Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Sedangkan kendaraan dari arah Malang-Surabaya difungsikan satu lajur.

Terbaru, material longsor dalam proses penanganan, Rabu (9/3/2022), dan arus lalu lintas dari arah Surabaya-Malang sudah kembali difungsikan satu lajur.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/09/194937678/cek-longsor-di-tol-pandaan-malang-kapolda-jatim-harus-ada-penguatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke