Salin Artikel

Tabrakan KA Vs 2 Truk di Lamongan, Palang Pintu Perlintasan Diduga Terlambat Ditutup

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan polisi, penjaga pintu perlintasan diduga terlambat menutup palang.

Sehingga, kendaraan tetap melaju, meski kereta api sudah berada dalam jarak cukup dekat.

"Memang benar, ada faktor kelalaian dari penjaga yang terlambat dalam melakukan penutupan palang pintu, sehingga kemudian menyebabkan tabrakan terjadi," ujar Kanit Gakkum Satlantas Polres Lamongan Iptu Anang Purwo, saat dihubungi, Rabu.

Anang menjelaskan, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, tiga orang mengalami luka, yakni masinis kereta api Muhammad Mualim, asisten masinis Lustiono, dan seorang penumpang truk bernama Rofifin.

Kereta api itu sempat menabrak truk Colt Diesel dengan nomor polisi K 8438 Y yang dikendarai M Bachtiar Novendi yang membawa penumpang Rofifin. Mereka warga Kecamatan Plumpang, Tuban.

Lalu, kereta api menabrak truk boks dengan nomor polisi S 9829 NF yang dikendarai Imam Subeki (42), warga Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Salah seorang saksi di lokasi kecelakaan, Jinawar mengatakan, bel peringatan kedatangan kereta api terlambat berbunyi.

"Itu tadi bunyi bel peringatannya terlambat, palang pintu belum menutup, kereta sudah lewat dan kemudian menabrak truk yang terlanjur melintas," kata Jinawar.

Saat dikonfirmasi mengenai dugaan kelalaian penjaga palang pintu, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Luqman Arif menyerahkan penyelidikan kecelakaan itu kepada polisi.

"Prioritas kami adalah proses penormalan jalur kereta api, dan alhamdulillah jam (pukul) 12.21 WIB tadi jalur hilir yang sempat tidak bisa dilewati, akhirnya sudah bisa kembali dilalui kereta api meski dengan kecepatan terbatas, 40 kilometer per jam. Sementara itu (faktor kelalaian penjaga) kan kewenangan penyidik," ucap Luqman.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/09/160847278/tabrakan-ka-vs-2-truk-di-lamongan-palang-pintu-perlintasan-diduga-terlambat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke