Salin Artikel

Rawan Kecelakaan, Jalur Menuju Kawah Ijen Dipasang "Guardrail"

Lokasi yang biasa disebut Sengkan Mayit itu pada Februari lalu telah memakan korban jiwa usai sebuah mobil masuk jurang sedalam 30 meter.

Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi Mujion mengatakan, pemasangan pembatas jalan itu untuk melindungi wisatawan dan masyarakat yang melintas.

Hal itu menjadi upaya Pemkab Banyuwangi mendukung keselamatan lalu lintas dengan meminimalisasi fatalitas kecelakaan di lokasi tersebut.

"Semoga dengan adanya pagar pembatas pengamanan jalan ini, bisa meminimalisir fatalitas kecelakaan," kata Mujiono, Selasa (8/3/2022).

Pemasangan perangkat lalu lintas di tengah hutan lereng Gunung Ijen itu dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Penataan Ruang (PU-CKPR) Banyuwangi.

Kini telah ada dua rangkaian pembatas jalan di Sengkan Mayit yang masing-masing panjangnya 36 dan 32 meter.

Selain dua rangkaian pembatas jalan tersebut, dipasang juga sejumlah rambu-rambu di sebelah barat dan timur titik black spot tersebut.

Kasat Lantas Polresta Banyuwangi, Kompol Akhmad Fani Rakhim mengatakan, pihaknya mengapresiasi pemasangan pembatas jalan dan rambu-rambu tersebut.

Menurutnya, Sengkan Mayit memang memiliki kerawanan tinggi terhadap kecelakaan. Selain kondisi jalan yang tidak terlalu lebar, tikungannya juga tajam dengan turunan curam.

Pihaknya mencatat, terdapat lebih dari 10 kasus kecelakaan yang telah terjadi di wilayah hutan lereng Gunung Ijen itu.

Selain jadi lintasan transportasi warga Banyuwangi dan Bondowoso, jalan itu dilewati wisatawan menuju Kawah Ijen hingga sering ramai saat akhir pekan.

"Kita imbau pengemudi atau pengendara serta penumpang untuk lebih waspada dan berhati-hati pada saat melintas di jalur black spot Sengkan Mayit. Pemasangan guardrail ini tentunya guna meminimalisir dan menekan terjadinya fatalitas korban laka lantas," kata Fani.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/09/134226278/rawan-kecelakaan-jalur-menuju-kawah-ijen-dipasang-guardrail

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke