Salin Artikel

Tabrakan Kereta Vs 2 Truk di Lamongan, Masinis Terluka, KAI Daop 8 Minta Maaf

Akibat peristiwa itu, tiga orang terluka, termasuk masinis dan asistennya.

KAI minta maaf

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, pihaknya memohon maaf kepada semua penumpang dan pengguna jasa layanan atas insiden yang terjadi.

Sebab insiden yang terjadi sekitar pukul 06.37 WIB tersebut, sempat mengganggu perjalanan.

"Kami mohon maaf kepada pelanggan KA yang terdampak kejadian tersebut. Atas kejadian tersebut mengakibatkan kereta api ekonomi lokal tidak dapat melanjutkan perjalanan, karena lokomotif dalam kondisi rusak parah dan masinis terluka," ujar Luqman, melalui keterangan tertulis, Rabu.

Kirim lokomotif pengganti

Luqman menjelaskan, untuk menggantikan lokomotif yang mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut, PT KAI Daop 8 Surabaya kemudian mengirimkan lokomotif pengganti.

Lokomotif itu dikirimkan dari Stasiun Pasar Turi, yang diberangkatkan menuju lokasi sekitar pukul 07.31 WIB.

"PT KAI juga melakukan pengaturan pola operasi, agar kejadian tidak sampai berimbas terhadap perjalanan kereta api lainnya," kata Luqman.


Luqman menjelaskan, bagaimana regulasi yang seharusnya dilakukan oleh kendaraan yang berada di perlintasan sebidang.

"Seluruh pengguna jalan harus mendahulukan perjalanan kereta api saat melalui perlintasan sebidang. Hal tersebut sesuai Undang Undang 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian, dan Undang Undang 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," tutur Luqman.

Dari data yang dimiliki oleh pihaknya, kata Luqman, pada rentang Januari hingga Februari 2022 terdapat 17 kejadian tertabrak kereta api.

Dengan rincian, sebanyak 6 kejadian kereta api tertemper kendaraan di perlintasan sebidang dan 11 kejadian kereta api tertemper pejalan kaki.

"KAI berharap, seluruh pihak dapat proaktif dan bersama menjalankan tugas sesuai kewenangan masing-masing, untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api maupun para pengguna jalan," tutur Luqman.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/09/115115078/tabrakan-kereta-vs-2-truk-di-lamongan-masinis-terluka-kai-daop-8-minta-maaf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke