Salin Artikel

Rumah Warga di Lumajang Akan Disulap Jadi Penginapan Saat Porprov Jatim 2022

Lumajang didapuk sebagai salah satu tuan rumah Porprov Jatim 2022 bersama Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

Diperkirakan 25.000 tamu dari berbagai kota di Jawa Timur akan datang ke Lumajang saat Porprov Jatim yang digelar pada Juni 2022. Ribuan tamu itu terdiri dari atlet, pelatih, ofisial, hingga tim medis.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kecamatan untuk menyediakan penginapan tambahan dari rumah warga.

Pasalnya, ketersediaan jumlah penginapan di Lumajang, belum mencukupi untuk menampung ribuan tamu tersebut.

"Kami berkoordinasi dengan sejumlah camat. Kami minta mereka untuk mendata rumah-rumah warga yang berkenan untuk dijadikan homestay," kata Yuli melalui sambungan telepon, Selasa (8/3/2022).

Yuli menambahkan, Dinas Pariwisata akan melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk menyiapkan penginapan sesuai dengan standar kelayakan yang ditentukan.

"Nanti akan kami lakukan pendampingan terkait syarat dan standar penginapannya seperti apa," tambahnya.

Yuli menuturkan, penempatan penginapan bagi kontingen yang akan berlomba akan disesuaikan dengan lokasi terdekat dari venue.

"Misal, bila tamunya ini rombongan dari cabor sepatu roda, nanti akan ditempatkan di daerah Pasirian yang dekat dengan venue-nya di Gunung Tambuh," ungkapnya.

Selain itu, menurut Yuli, gelaran Porprov tersebut menjadi momentum untuk mengenal potensi pariwisata yang dimiliki Lumajang.

"Ini juga momentum untuk mengenalkan obyek wisata yang kita miliki kepada masyarakat luar kota, dan ini perlu dimaksimalkan," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/09/055100078/rumah-warga-di-lumajang-akan-disulap-jadi-penginapan-saat-porprov-jatim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke