Salin Artikel

Berkendara Sambil Menelepon, Remaja di Blitar Tewas Tertabrak Kereta Api

Awalnya, sebagian warga yang ada di sekitar lokasi menyangka YKD sengaja menabrakkan sepeda motornya ke rangkaian gerbong kereta api yang sedang melintas dengan motif bunuh diri.

Namun, penyelidikan oleh pihak kepolisian menunjukkan bahwa peristiwa fatal pada Selasa pagi itu murni sebuah kecelakaan akibat kelalaian YKD.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Blitar AKP I Putu Angga Feriyana mengatakan, YKD mengendarai sepeda motornya sambil menelepon melalui ponselnya ketika kecelakaan itu terjadi.

"Korban tidak mendengar suara kereta yang hendak melintas karena berdasarkan keterangan saksi-saksi yang melihat kejadian, korban sedang menelpon," ujar Angga saat dikonfirmasi, Selasa.

Angga membenarkan adanya anggapan awal warga yang menyaksikan peristiwa itu bahwa YKD disangka sengaja menabrakkan diri ke kereta api yang sedang melintas dengan tujuan bunuh diri.

Namun setelah melengkapi keterangan dari beberapa saksi mata, kata dia, YKD tidak menyadari adanya kereta yang akan melintas ketika dia hendak melewati perlintasan tanpa palang pintu tersebut.

"Posisinya kan bukan korban ditabrak lokomotif kereta tapi justru korban menabrak bagian samping gerbong. Itu terjadi karena korban tidak menyadari ada kereta hendak lewat," ujarnya.

Kata Angga, warga di sekitar lokasi sudah berteriak memberi peringatan, tetapi diduga YKD tidak mendengarnya.

Akibatnya, ujar Angga, YKD dan sepeda motornya sempat terseret sejauh enam meter. YKD meninggal di lokasi kejadian, diduga akibat luka parah di bagian kepala.

Berdasarkan keterangan keluarga, YKD sedang berkendara menuju sebuah pasar untuk berbelanja.

Di perlintasan kereta api sebidang tanpa palang pintu yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari rumahnya di Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, kecelakaan yang merenggut nyawanya itu terjadi.

Di perlintasan itu, YKD tidak menyadari rangkain gerbong kereta api Dhoho Penataran melaju dari arah Malang menuju arah Kota Blitar.

"Seandainya korban seper sekian detik lebih cepat, mungkin dia tertabrak lokomotif. Yang terjadi, korban menabrak bagian samping gerbong ketiga dari lokomotif," ujar Angga.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/01/202621578/berkendara-sambil-menelepon-remaja-di-blitar-tewas-tertabrak-kereta-api

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke