Salin Artikel

Sempat Melonjak, Kasus Aktif Covid-19 di Lamongan Turun Lagi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Dalam beberapa hari terakhir, kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tercatat mengalami penurunan drastis. Kasus aktif yang sempat tercatat 628 pada 23 Februari 2022, turun menjadi 358 kasus per Senin (28/2/2022).

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Lamongan, terdapat pengurangan kasus aktif Covid-19 sebanyak 71 kasus pada Senin. Artinya, pasien Covid-19 yang sembuh lebih banyak daripada tambahan pasien baru.

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, Taufik Hidayat, membenarkan bahwa kasus Covid-19 di Lamongan mulai melandai. Taufik memprediksi, puncak gelombang ketiga penularan Covid-19 di Lamongan sudah terlampaui bila tidak ada penambahan kasus yang signifikan dalam beberapa hari ke depan.

"Betul (kasus aktif terus menurun). Kalau dalam seminggu ini tidak naik lagi, berarti puncak sudah terlampaui," ujar Taufik saat dikonfirmasi, Selasa (1/3/2022).

Taufik berharap, kasus aktif Covid-19 di Lamongan terus berkurang. Sehingga, penularan Covid-19 di Lamongan dapat ditekan. Meskipun, Taufik menyadari ancaman penyebaran Covid-19 masih ada dan rentan melonjak lagi.

"Untuk itu, kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, terutama memakai masker," ucap Taufik.

Pihaknya bersama instansi terkait akan terus berupaya maksimal dalam melaksanakan agenda vaksinasi kepada masyarakat. Baik pelaksanaan vaksinasi secara door to door atau melalui mobile vaksinator yang terus bergerak dalam mendukung percepatan agenda vaksinasi.


Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soegiri Lamongan, Tadi, menambahkan, saat ini sudah terjadi penurunan pasien positif Covid-19 yang dirawat di tempatnya bekerja. Meskipun hingga Senin kemarin, pasien terpapar Covid-19 yang dilakukan perawatan di RSUD dr Soegiri masih cukup banyak.

"Sampai kemarin (28/2/2022), jumlah pasien yang dirawat masih 47 orang. Kapasitas tempat tidur, sebanyak 121 tempat tidur," kata Tadi saat dihubungi terpisah.

Maski masih banyak, jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit itu mengalami penurunan. Pada pertengahan bulan Februari atau tepatnya pada 17 Februari 2022, rumah sakit itu merawat sebanyak 67 pasien Covid-19.

Bahkan, saat itu tempat tidur perawatan pasien Covid-19 sempat menyisakan delapan tempat tidur saja dari total 75 tempat tidur pasien yang dipersiapkan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/01/172504378/sempat-melonjak-kasus-aktif-covid-19-di-lamongan-turun-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke