Salin Artikel

Sekitar 30.000 Dosis Vaksin di Lamongan Akan Kedaluwarsa

LAMONGAN, KOMPAS.com - Sekitar 30.000 dosis vaksin jenis Sinovac di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, bakal memasuki masa kedaluwarsa. Vaksin Covid-19 itu tercatat akan kedaluwarsa pada 28 Maret 2022 mendatang.

"Dari informasi yang saya dapatkan memang seperti itu (ada vaksin yang akan kedaluwarsa)," ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat dikonfirmasi, Selasa (1/3/2022).

Yuhronur menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur terkait vaksin yang akan memasuki masa kedaluwarsa itu. Rencananya, vaksin itu akan dikembalikan ke Pemprov Jatim untuk disalurkan ke daerah lain.

"Kami sudah koordinasikan dengan Pemprov Jatim," ucap Yuhronur.

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, Taufik Hidayat, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur terkait vaksin yang hendak memasuki masa kedaluwarsa itu supaya bisa dikembalikan. Harapannya, vaksin itu bisa digunakan di daerah lain yang membutuhkannya.

"Karena Undang-undang sekarang kan tidak lagi memberlakukan vaksin hanya untuk satu wilayah, tapi bisa disalurkan ke luar daerah atau luar pulau yang membutuhkan. Tapi, kalau tidak bisa dikembalikan juga tidak masalah," kata Taufik saat dikonfirmasi terpisah, Selasa.

Sementara itu, Taufik mengaku sudah menggunakan berbagai cara dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19. Mulai dari vaksinasi secara door to door hingga mobile vaksinator yang terus bergerak dalam mendukung percepatan agenda vaksinasi.

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Lamongan per 26 Februari 2022, vaksinasi di Lamongan mencapai 87,73 persen untuk dosis pertama atau sudah menyasar sebanyak 933.030 orang.

Sedangkan untuk dosis kedua sudah mencapai 75,68 persen atau sudah menyasar 804.843 orang. Adapun untuk vaksin dosis ketiga atau booster mencapai 3,90 persen atau 41.529 orang.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/01/135307878/sekitar-30000-dosis-vaksin-di-lamongan-akan-kedaluwarsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke