Salin Artikel

Operasi Semeru Digelar 1-14 Maret, Polisi Sasar Pengendara Tak Pakai Helm hingga Truk ODOL

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo mulai menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2022 selama dua pekan ke depan untuk mewujudkan keselamatan berkendara masyarakat dan mencegah terjadinya lonjakan Covid-19.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, ada delapan sasaran khusus pada operasi Semeru kali ini.

Yaitu pengemudi sepeda motor roda dua yang tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI).

Kemudian, pengendara yang mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan, pengemudi kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, dan tidak menggunakan safety belt atau sabuk pengamanan.

"Sasaran lainnya adalah pengendara dalam pengaruh alkohol, pengemudi yang menggunakan telepon seluler saat mengemudi, pengendara yang melawan arus, serta kendaraan over dimension over loading (ODOL), dengan mengutamakan penindakan secara elektronik," kata Arsya, Selasa (1/3/2022).

Selain sebagai cipta kondisi menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 2022, operasi Semeru difokuskan untuk memberikan edukasi secara humanis ke masyarakat.

Terutama dalam menjaga terciptanya keselamatan berkendara dan mencegah penyebaran Covid-19.

Menurut Arsya, sasaran operasi serentak berlangsung 1-14 Maret 2022 di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Targetnya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, juga terhadap masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Arsya, petugas operasi mengedepankan upaya preemtif, mengimbau masyarakat secara langsung, dan upaya preventif berupa pembinaan penyuluhan kepada masyarakat yang melanggar lalu lintas. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/01/123157678/operasi-semeru-digelar-1-14-maret-polisi-sasar-pengendara-tak-pakai-helm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke