Salin Artikel

Ditangkap Setelah Bunuh Mahasiswa Unej 9 Tahun Lalu, Motif Pelaku karena Diremehkan Calon Mertua

Dalam menjalankan aksinya, Arif dibantu oleh pelaku lain, yakni Mohammad Rofiki (35) warga Desa Kamal, Kecamatan Arjasa .

Keduanya membunuh Galau Wahyu Utama (20) mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (Unej) pada Selasa 26 Februari 2013 silam.

Terungkap 9 tahun kemudian

Setelah sembilan tahun berlalu, pelaku Arif berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Jember di Bali pada Senin (21/2/2022).

Pelaku baru tertangkap setelah sembilan tahun berlalu karena beberapa alasan.

“Sebelumnya, penyidik mengalami beberapa kendala, seperti tidak adanya saksi saat peristiwa terjadi di tempat kejadian,” kata kata Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo saat konferensi pers pada Kamis (24/2/2022).

Namun, ada beberapa bukti baru yang didapatkan oleh pihak kepolisian, sehingga kasus pembunuhan tersebut mendapatkan titik terang.

“Sehingga penyidik memiliki keyakinan dan pelaku bisa diamankan di Bali,” tutur dia.

Tak saling kenal

Hery mengaku antara pelaku dan korban tidak saling mengenal sama sekali.

Mereka baru bertemu dengan alasan hendak membeli rumah milik keluarga korban di Kecamatan Kaliwates.

“Sebab selama ini memandang rendah pelaku karena tidak punya mobil,” ungkap dia.

Bahkan tersangka Arif seringkali diejek oleh calon mertuanya saat itu. Dia dianggap tidak memliki kemampuan yang lebih secara ekonomi.

Dari sana pelaku ingin menunjukkan pada calon mertuanya bahwa yang bersangkutan bisa memiliki pekerjaan dan penghasilan yang bagus.

“Itu dibuktikan dengan memiliki kendaraan Honda Jazz dari pencurian itu,” terang dia.

Hery menambahkan berdasarkan pengakuan tersangka, pelaku sudah merencanakan akan menguasai barang milik korban. Dia sudah mempersiapkannya dengan cara mencari target.

“Kebetulan di Kaliwates ada rumah dijual, kemudian memprediksi bahwa penjual rumah itu orang kaya dan punya kendaraan,” jelas dia.

Selanjutnya pelaku menghubungi pemilik rumah lalu diajak untuk bertemu. Setelah itu terjadilah kasus pembunuhan pada mahasiswa semester II di Unej tersebut.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/24/125156078/ditangkap-setelah-bunuh-mahasiswa-unej-9-tahun-lalu-motif-pelaku-karena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke