Salin Artikel

Tak Ada Stok, Pedagang Minyak Goreng di Magetan Belum Dapat Kiriman dari Distributor

MAGETAN, KOMPAS.com – Minyak goreng di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, masih langka. Sejumlah pedagang pengecer minyak goreng di Pasar Sayur Magetan mengaku kesulitan mendapat pasokan.

Kohari, salah satu pedagang mengaku tidak mendapat pasokan minyak goreng dari distributor dalam beberapa minggu terakhir.

Dikatakan Kohari, pasokan minyak goreng terus menurun. Awalnya dikirim setiap satu minggu sekali, menjadi dua minggu sekali dan saat ini belum ada pengiriman.

“Tidak ada minyak, kita jual tapi ini tidak ada kiriman minyak. Biasanya kami mendapat kiriman dua minggu satu kali tapi kali ini tidak ada pengiriman,” ujarnya saat ditemui, Kamis (24/02/2022).

Harno, pedagang lainnya mengaku mengalami hal yang sama. Biasanya dia menerima kiriman minyak setiap minggu sebanyak 1.200 kardus. Namun, beberapa minggu terakhir dia mengaku hanya menerima kiriman 100 kardus saja.

“Bisanya seminggu dapat 600 sampai 1.200 kotak (kardus) sekarang hanya dapat 100 kotak,” katanya.

Harno menambahkan, dia membeli minyak subsidi dari pabrik sebesar Rp 13.000, sementara minyak goreng non-subsidi dibeli dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 16.000.

Minimnya stok minyak goreng yang diterima pedagang, menurut Harno, turut menurunkan pendapatan karena tidak sesuai dengan biaya operasional.

“Kalau dapat 100 kotak seminggu kita untung berapa?,” imbuhnya.

Menurutnya, pemerintah harusnya fokus memenuhi kebutuhan minyak goreng bagi para pedagang. Jika stok minyak goreng memenuhi, maka para pedagang tidak bisa memainkan harga.


"Pemerintah kalau mau lancar harga standar Rp 14.000 bukan menjual sendiri, tetapi memenuhi pasar kalau penuh kan tidak bisa dimainkan pedagang. Barang terbatas tidak ada stok, kalau stok sedikit harga dimahalin sama pedagang,” katanya.

Sementara itu, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan mengaku telah mengecek dua gudang distributor minyak goreng yang ada di Kecamatan Maospati dan Kecamatan Parang.

"Sudah kita lakukan cek ke dua distributor. Untuk stok masih kita lakukan pendataan, termasuk kebutuhan,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganagna Kabupaten Magetan Sucipto.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/24/091804578/tak-ada-stok-pedagang-minyak-goreng-di-magetan-belum-dapat-kiriman-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke