Salin Artikel

Soal Kasus Perusakan Bendera Partai, Wakil Ketua DPC Gerindra Blitar: Sudah Ada Titik Terang...

"Dikatakan penyelidikan lambat, ya bisa iya. Tapi tadi sempat kami tanyakan kemajuan penyelidikannya dan rupanya sudah ada titik terang yang bisa mengarah ke pelaku," ujar Wasis usai bertemu penyidik Polres Blitar di Kantor Polsek Kanigoro, Jumat (18/2/2022).

Wasis mengakui kedatangannya menemui penyidik dari Satuan Reserse Kriminal Polres Blitar juga karena mendapatkan panggilan untuk pemeriksaan dalam kapasitasnya sebagai saksi pelapor.

Namun, kata dia, mewakili DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar, dirinya melaporkan kasus perusakan bendera partainya sudah lebih dari satu pekan lalu, yakni pada Senin (7/2/2022).

Wasis mempertanyakan kenapa baru sekarang dirinya diperiksa lagi sebagai saksi pelapor.

"Tapi kami sepenuhnya percayakan pengusutan kasus ini ke pihak kepolisian. Dan Alhamdulillah polisi sudah mengidentifikasi sepeda motor yang digunakan pelaku," ujarnya.

Kata Wasis, merujuk pada kemajuan penyelidikan pihak kepolisian, jumlah pelaku tiga orang dengan mengendarai dua sepeda motor.

"Kata penyidik, satu sepeda motor sudah teridentifikasi dan segera didatangi ke pemiliknya. Kita berharap kasus ini segera terungkap," ujarnya.

Wasis mengatakan, pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar menghendaki pengusutan tuntas kasus tersebut karena menyangkut martabat partainya.

"Ini menyangkut martabat partai kami. Perusakan dilakukan pada bendera partai yang kami pasang untuk merayakan HUT Partai Gerindra. Ini harus diusut tuntas," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Blitar AKP Ardyan Yudo Setyantono mengakui adanya keterlambatan dalam pemeriksaan lanjutan kepada pelapor setelah laporan dibuat.

Meski demikian, ujarnya, pihaknya segera melakukan penyelidikan setelah laporan masuk di SPKT. Yudo menolak memerinci kemajuan hasil penyelidikan kasus tersebut.

"Penyelidikan masih berproses. Hasil pemeriksaan rekaman CCTV memang terkendala kondisi malam yang gelap sehingga sulit mengidentifikasi pelaku. Namun kami terus cari cara untuk menemukan pelaku," ujarnya.

Sebelumnya, Wasis melaporkan kasus perusakan bendera partai di 84 titik yang ada di wilayah Kecamatan Kanigoro ke Polres Blitar pada Senin (7/2/2022).

Menurutnya, DPC Partai Gerindra memasang lebih dari 2.000 bendera yang tersebar di ratusan titik di wilayah Kabupaten Blitar pada Jumat (4/2/2022). Pemasangan bendera itu dalam rangka menyongsong hari lahir Partai Gerindra yang ke-14 yang jatuh pada Minggu (6/2/2022).

Pada Minggu pagi, kata Wasis, pihaknya mendapati banyak bendera partai yang dirusak dan hanya tersisa tiangnya saja.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/18/180209278/soal-kasus-perusakan-bendera-partai-wakil-ketua-dpc-gerindra-blitar-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke