Salin Artikel

Jadi Tuan Rumah Porprov Jatim VII 2022, Lumajang Targetkan 20 Medali Emas

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lumajang pun memasang target meraih 20 medali emas dari 41 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Porprov VII 2022 akan digelar di empat kabupaten, yakni Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Ketua KONI Lumajang Ngateman, optimistis kontingen yang dikirim bisa menembus peringkat 10 besar. Ia tak memasang target muluk, meski bertindak sebagai tuan rumah.

"10 besar masuk lah yakin saya. Setidaknya bisa perbaiki peringkat yang tahun sebelumnya, dulu (gelaran Porprov VI) kita peringkat 13," kata Ngateman saat ditemui di Cafe D'Burno, Kecamatan Senduro, Lumajang, Kamis (17/2/2022).

Saat ini, lanjut Ngateman, masih sulit untuk mengganggu dominasi Surabaya dan Malang dalam perebutan juara umum. Selain dari faktor sumber daya manusia, infrastruktur yang dimiliki jauh berbeda.

"Kalau juara umum mustahil kita realistis saja. arena seperti Surabaya atletnya banyak, sarananya banyak, perguruan tinggi banyak, wajar kalau juara," tambahnya.

Untuk mencapai target tersebut, KONI terus mematangkan persiapan atlet melalui Pemusatan Latihan Kabupaten (Puslatkab). Puslatkab sudah dimulai dari tahun lalu dengan model degradasi dan promosi setiap enam bulan.

"Kemarin sekitar 180 atlet yang mengikuti tes kebugaran. Saat ini sudah finishing untuk Puslatkab yang terakhir. Secara umum kita sudah siap jadi tuan rumah dan siap berlaga," jelasnya.

Dari 46 cabor yang akan dipertandingkan di empat Kabupaten tersebut, KONI menggelar Puslatkab di 21 cabor dari 35 cabor yang akan diikuti.

"Yang kita adakan Puslatkab ada 21. Sedangkan yang lainnya latihan secara mandiri sesuai dengan kriteria dan parameter yang telah ditentukan," tambahnya.

Sekitar 300 atlet muda dengan usia di bawah 22 tahun akan diberangkatkan dalam pesta olahraga terbesar di Jawa Timur itu. Ngateman berharap dukungan dari berbagai pihak untuk turut menyukseskan gelaran tersebut.

Menurutnya, suksesnya gelaran Porprov VII didasarkan pada tiga penilaian yakni penyelenggaraan, prestasi, dan pemberdayaan.

"Tidak mungkin hanya pemerintah dan KONI. Semua harus bergerak dan saling support," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/18/103548478/jadi-tuan-rumah-porprov-jatim-vii-2022-lumajang-targetkan-20-medali-emas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke