Salin Artikel

Vanessa Angel Sempat Tegur Tubagus Joddy supaya Berhati-hati Sebelum Kecelakaan

JOMBANG, KOMPAS.com - Vanessa Angel sempat menegur Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya supaya tidak berkendara dengan kencang sebelum terjadi kecelakaan yang merenggut nyawanya di Tol Jombang-Mojokerto pada Kamis, 4 November 2021, siang.

Hal itu diungkapkan oleh pengasuh Gala Sky Ardiansyah, Sisca Lorenza, saat memberikan kesaksian dalam sidang kasus kecelakaan itu di Pengadilan Negeri Jombang, Jawa Timur, Kamis (17/2/2022).

Sisca hadir dalam persidangan secara virtual. Setelah menyelesaikan prosesi sumpah sebagai saksi, Sisca menceritakan kronologi perjalanan, situasi dirinya saat kecelakaan, hingga saat menjalani perawatan di rumah sakit usai kecelakaan.

Sebelum kecelakaan, ungkap Sisca, Febri (Bibi) Ardiansyah dan Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya bergantian menyetir mobil. Kendaraan mereka juga sempat salah arah sebelum akhirnya kembali ke jalur tol arah Surabaya.

Setelah salah arah, kemudi mobil Pajero dipegang oleh Tubagus. Pergantian pengemudi itu dilakukan di bawah flyover atau jembatan layang.

Saat Tubagus memegang kendali mobil, Vanessa meminta Tubagus untuk berhati-hati menyetir sebab sebelumnya kepala Gala Sky, anak Vanessa Angel dan Bibi, sempat terbentur di kaca mobil.

“Posisinya lagi ke kiri terus kejedug (terbentur). Terus sama ibu (Vanessa) dibilang hati-hati Jod," ungkap Sisca dalam sidang di Pengadilan Negeri Jombang, Kamis.

Mendengar penuturan Sisca, hakim menanyakan penyebab kepala Gala Sky terbentur kaca pintu mobil. Sisca pun menjawab bahwa kejadian itu akibat laju kendaraan terlalu kencang.

“Kekencengan,” jawab Sisca menjawab pertanyaan majelis hakim.

Sidang kasus kecelakaan kendaraan keluarga Vanessa Angel dipimpin Ketua Majelis Hakim Bambang Setyawan, didampingi oleh dua hakim yaitu Joni Mauluddin Saputra dan Sudirman.


Dalam kesaksiannya, Sisca juga membenarkan jika Bibi Ardiansyah sempat mengatakan bahwa kecepatan Tubagus berkendara rata-rata 120 kilometer per jam dan masih terlalu lambat.

Dia juga menceritakan kronologi perjalanan, situasi dirinya saat kecelakaan, hingga saat menjalani perawatan di rumah sakit usai kecelakaan.

Rombongan di dalam mobil yang menempuh perjalanan menuju Surabaya dari Jakarta itu, ada Bibi Ardiansyah, Vanessa Angel, Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya, Sisca Lorenza, serta Gala Sky Ardiansyah.

Bibi dan Tubagus duduk di kursi depan. Sedangkan di kursi belakang ada Vanessa Angel, Gala Sky Ardiansyah dan Sisca Lorenza.

Rombongan keluarga Vanessa berangkat dari rumah pada pukul 05.00 WIB. Pada awal perjalanan, Tubagus Joddy bertindak sebagai sopir.

Pergantian sopir dari Tubagus kepada Bibi terjadi di KM 80. Pengemudi mobil kemudian bepindah kepada Tubagus setelah melewati KM 400.

Sisca hadir secara virtual dalam sidang. Demikian pula dengan Tubagus Joddy yang menghadiri sidang dari Lapas Kelas 2B Jombang.

Usai memberikan kesaksian, wajah Sisca tampak sedih. Sebelum layar monitor tertutup, dia juga terlihat meneteskan air mata.

Kecelakaan yang dialami Vanessa Angel dan keluarganya terjadi di KM 672 300 Jalan Tol Jombang - Mojokerto pada Kamis (4/11/2021) siang.

Kepolisian menetapkan Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya (24), sopir yang mengemudikan mobil sebagai tersangka.

Dalam dakwaan di pengadilan, Tubagus dijerat dengan pasal 310 ayat 4 Undang-undang nomor 22 tentang lalu lintas dengan ancaman 6 tahun penjara dan denda Rp 12 juta.

Selain itu, dia juga dijerat dengan pasal 311 ayat 5 Undang-undang nomor 22 tentang lalu lintas angkutan jalan raya dengan ancaman 12 tahun penjara dan denda Rp 24 juta.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/17/193612778/vanessa-angel-sempat-tegur-tubagus-joddy-supaya-berhati-hati-sebelum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke