Salin Artikel

Masuk Daftar 40 Tokoh Berpengaruh Majalah Fortune Indonesia, Ini Kata Emil Dardak

Daftar 40 tokoh berusia di bawah 40 tahun ini berasal dari berbagai latar belakang. Ada pebisnis, eksekutif, seniman, olahragawan, penggerak sosial, hingga pejabat pemerintahan.

Dari dunia olahraga, ada nama pebulutangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii (34) dan Apriyani Rahayu (23).

Dari dunia entrepreneur, terdapat sejumlah pebisnis yang menjadi pencetus lahirnya produk atau layanan baru.

Kemudian, di sektor pemerintahan, terdapat nama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim (37), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (34), hingga Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (37).

Saat dihubungi Kompas.com, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berterima kasih atas apresiasi terhadap kiprah generasi muda di berbagai profesi.

Menurutnya, bisa masuk dalam daftar 40 tokoh Indonesia berusia di bawah 40 yang mampu menjadi agen perubahan merupakan suatu kehormatan.

"Suatu kehormatan tentunya, bahwa ada apresiasi terhadap kiprah generasi muda di berbagai lini profesi," kata Emil melalui pesan instan WhatsApp, Rabu (16/2/2022) malam.

Ia meyakini, di Indonesia masih banyak para pemuda dan pemudi inspiratif yang bisa memberikan kontribusi besar untuk kemajuan Tanah Air di masa mendatang.

"Saya yakin sebenarnya banyak sekali pemuda pemudi yang inspiratif di Indonesia, dan ini harus menjadi kekuatan yang berjalan berdampingan dalam memajukan Indonesia," ucap Emil.

Saat ini, lanjut Emil, pemuda yang berusia di bawah 40 tahun masuk dalam definisi generasi milenial, yang dikaitkan dengan revolusi informasi dan perubahan lanskap global.

Tentunya, tantangan yang akan dihadapi generasi milenial tidak mudah. Terutama menyangkut pemulihan ekonomi dari krisis pandemi.


Oleh karena itu, ia juga berharap para generasi milenial lainnya mampu memenuhi harapan untuk bisa menjadi motor penggerak perubahan.

"Tantangan yang kita hadapi tidak mudah, terutama dalam memulihkan ekonomi dari krisis pandemi. Mmudah-mudahan generasi milenial Indonesia bisa memenuhi harapan untuk menjadi motor penggerak dalam menyongsong era post Covid-19 yang akan diwarnai banyak perubahan di berbagai lini kehidupan," tutur Emil.

Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah generasi Y atau milennial dan generasi Z mencapai 53 persen dari total populasi 272 juta jiwa.

Fakta tersebut memicu Fortune Indonesia untuk menyaring kandidat "40 Under 40" dengan ketat dan cermat.

Pandemi yang masih berlangsung hingga hari ini memang telah mengubah cara kita dalam berinteraksi, bertransaksi, berinvestasi, dan beraktivitas.

Sebagian di antara 40 Under 40 itu seakan mampu memberikan jawaban atas perubahan yang terjadi belakangan ini.

"Perjalanan mereka tidak mudah. Namun mereka tidak pernah menyerah. Mereka adalah pejuang yang berhasil menjadi pemenang," kata Winston Utomo, Founder & CEO IDN Media dalam keterangannya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/17/081424378/masuk-daftar-40-tokoh-berpengaruh-majalah-fortune-indonesia-ini-kata-emil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke