Salin Artikel

Aksi Pengendara Motor Ketuk Kaca Mobil lalu Memaksa Minta Uang di Surabaya, Pelaku Marah bila Tak Diberi

KOMPAS.com - Viral di media sosial, aksi pengendara motor ketuk kaca mobil lalu memaksa minta uang. Kejadian ini terjadi di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Salah satu korbannya adalah SA.

Ia menceritakan, pengendara motor tersebut sempat marah kepadanya karena tak menuruti permintaan pelaku. SA beralasan, saat itu dirinya tidak memegang uang.

"Kayak marah gitu, dia langsung ngedumel dan motornya kayak memotong laju mobil saya kaya dibuat zig-zag," ujarnya, Rabu (16/2/2022).

Peristiwa tersebut SA alami sewaktu antre di traffic light Jembatan Pasar Keputran, Kamis (10/2/2022) malam.

SA mengatakan, ketika pengendara itu meminta uang, pelaku beralasan istrinya sedang melahirkan di rumah sakit.

Berpindah ke mobil lain

Usai tak diberi uang oleh SA, pengendara itu berpindah ke mobil di depan SA. Pelaku kembali mengetuk pintu mobil, lalu meminta uang.

SA menceritakan, pengendara motor tersebut sempat mengejar mobil itu untuk meminta uang.

"Nah pas berhenti akhirnya dikasih uang itu, pas sudah dikasih uang, pelaku ini langsung putar balik," ucapnya.

Salah satu korban ketuk kaca mobil di Surabaya adalah tetangga SA. Peristiwa itu dialami tetangganya di daerah Jalan Bungurasih.

Karena modus ketuk pintu mobil ini sering terjadi dan membuat resah, SA berharap agar pelaku bisa ditangkap.

"Kalau saya sih selaku korban yang pernah mengalami, semoga segera tertangkap saja sih. Karena banyak yang jadi korban juga dan cukup meresahkan. Buat saya pribadi ini sangat mengganggu. Untung saya kemarin pas kejadian sama temen saya berdua," ungkapnya.

Dari dalam mobil, perekam memvideokan pengendara tersebut yang sedang beraksi. Ia tampak sedang berbicara dengan pengendara mobil.

Usai pengendara mobil memberi uang, pelaku langsung menancap gas motornya.

Saat memvideokan aksi pengendara motor itu, perekam sempat menjelaskan bahwa dirinya pernah mengalami peristiwa serupa sebanyak lima kali.

"Saya sudah lima kali diketuk pintu mobil, entah orangnya sama atau tidak, modusnya untuk biaya sekolah. Setelah aku kasih uang Rp 10.000 langsung tancap gas, seakan-akan ngeremehin gitu," terangnya.

Pernah suatu kali ia sempat memberi uang Rp 100.000 saat berkendara sendiri. Namun, pelaku justru mengejarnya sampai beberapa meter.

“Sekali lagi please, jangan (diberi)," tuturnya.

Penjelasan polisi

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya AKBP Teddy Chandra membenarkan video viral itu terjadi di Surabaya.

Terkait sosok pelaku, Teddy mengaku masih kesulitan mengidentifikasinya karena gambar di video kurang jelas.

Meski demikian, Teddy berpesan kepada warga, bila ada seseorang yang tidak dikenal mengetuk kaca mobil di tengah jalan, agar tidak dibuka.

Dia menambahkan, apabila ada yang sampai mengejar, lebih baik diarahkan ke lokasi yang banyak orang.

"Jika terbukti melakukan kejahatan, lebih baik laporkan ke polisi," jelasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Surabaya, Muchlis; Kontributor Surabaya, Achmad Faizal | Editor: Andi Hartik, Priska Sari Pratiwi)

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/17/071145378/aksi-pengendara-motor-ketuk-kaca-mobil-lalu-memaksa-minta-uang-di-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke