Salin Artikel

Ada Bekas Pukulan Palu pada Benda Cagar Budaya yang Dirusak di Kediri, Dinas Pariwisata Lapor Polisi

Terdapat pula bekas pukulan batu pada benda cagar budaya di lokasi tersebut.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri pun melaporkan kasus dugaan perusakan itu ke polisi, Kamis (10/2/2022).

Ingin berikan efek jera

Pihak Dinas Pariwisata Kediri mendatangi Mapolres Kediri, Kamis (10/2/2022).

Pada bagian sayap kanan patah dan ditemukan bekas pukulan palu pada bagian atasnya.

"Kita sengaja melaporkan, karena biar masyarakat paham, akan aturan hukum yang berlaku," kata Kabid Sejarah dan Purbakala Yuli Marwantoko di Mapolres Kediri, Kamis (10/2/2022), seperti dilansir dari Tribun Jatim.

Ingin pelaku ditangkap

Sementara, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Kediri Imam Mubarok berharap agar pelaku segera tertangkap.

"Harapannya pelaku ini nanti bisa tertangkap. Pesan untuk masyarakat yang intoleransi jangan macam-macam dengan keragaman budaya. Karena nanti itu ada undang-undang yang melindungi," terangnya.

"Ini tahunya kemarin pagi, ada Ibu Wiji (warga) melihat bongkahan batu di situs. Dia takut, karena kan di sini sebagai situs, jadinya lapor," kata Kepala Desa Jambean, Kecamatan Kras, Hari, Rabu (9/2/2022), seperti dilansir Antara.

Terdapat bekas pukulan diduga benda tumpul pada benda cagar budaya tersebut.

Dia mengatakan, lokasi situs yang berada di kas tanah desa itu masih terbuka. Banyak warga dari berbagai daerah berkunjung ke situs tersebut.

Hari berharap kawasan itu akan dilengkapi tembok, kunci hingga papan penjelasan supaya pengunjung mengerti lokasi tersebut adalah peninggalan budaya.

"Harapannya nanti bisa dibuatkan bangunan khusus di situs ini dan diberi kunci. Juga ada juru kuncinya termasuk plakat sejarahnya. Jadi pengunjung tahu tentang situs ini," papar dia.

Melansir Antara, ambang pintu berangka tahun 1.055 di Situs Watu Gilang yang merupakan peninggalan Sri Bameswara, Raja Kadiri yang memerintah sekitar tahun 1.112-1.135 sebelum era Prabu Joyoboyo.

Sumber: Antara

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Cagar Budaya di Kediri Dirusak dengan Bekas Pukulan Palu, Disparbud Lapor Polisi Guna Beri Efek Jera

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/11/071812778/ada-bekas-pukulan-palu-pada-benda-cagar-budaya-yang-dirusak-di-kediri-dinas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke