Salin Artikel

Blitar PPKM Level 1 meski Kasus Covid-19 Naik, Wali Kota: Kita Tidak Menutup-nutupi

Ia meminta publik memahami kondisi tersebut seiring peningkatan kasus Covid-19 di wilayahnya meski masih masuk PPKM level 1. 

"Kita obyektif saja. Covid-19 ini perkembangannya merebak di seluruh daerah ya. Kita tidak menutup-nutupi (kasus)," kata Santoso kepada wartawan, Kamis (10/2/2022).

Santoso meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menyikapi kenaikan kasus Covid-19 di Kota Blitar sesuai arahan dari pemerintah pusat dan provinsi.

"Yang penting bagaimana masyarakat tidak mengalami kepanikan," ujarnya.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Santoso mengatakan bahwa Satgas di tingkat daerah disarankan untuk tidak buru-buru mengirim pasien Covid-19 ke rumah sakit.

Pasien Covid-19 bergejala ringan maupun tanpa gejala diminta untuk menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Saran dari Pak Menteri Kesehatan tidak harus dibawa ke rumah sakit. Kalau kondisinya biasa-biasa saja dalam kategori ringan atau tidak bergejala, ini cukup isoman," ujarnya.

Santoso juga meminta aparat pemerintah untuk merespons kenaikan Covid-19 ini dengan mengintensifkan kampanye disiplin penerapan protokol kesehatan.

"Kalau perlu kita lakukan lagi operasi yustisi penegakan prokes. Ini yang menjadi arahan Pak Presiden maupun gubernur kemarin," ujarnya.

Kasus Covid-19 di Blitar diketahui mulai bermunculan beberapa pekan terakhir usai nol kasus dan menjadi percontohan PPKM level 1 sejak Oktober 2021.

Pada pertengahan Januari lalu, Kota Blitar juga ditetapkan sebagai satu-satunya daerah zona hijau risiko penularan Covid-19 di Jatim.

Namun, pada akhir pekan pertama Februari statusnya kembali turun ke zona kuning.

Hingga Rabu (9/2/2022), Satgas Covid-19 melaporkan 8 kasus baru sehingga kasus aktif 23 dan akumulasi kasus menjadi 7.041 dengan total kasus kematian 268.

Jumlah kontak erat sebanyak 31 orang dan total orang dalam pantauan 73. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/10/144503578/blitar-ppkm-level-1-meski-kasus-covid-19-naik-wali-kota-kita-tidak-menutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke