Salin Artikel

Muncul Unggahan Klarifikasi Wisatawan Positif Covid-19 yang Nekat Jalan-jalan di Malang, Polisi Layangkan Surat Panggilan

Kini akun Reza Fahd Adrian itu membuat klarifikasi bahwa yang dirinya sebenarnya tidak positif Covid-19, namun sang istri lah yang terinfeksi.

Meski demikian, polisi masih tetap menyelidiki kasus tersebut.

Kasi Humas Polresta Malang Kota Ipda Eko Novianto mengatakan hingga kini petugas masih berupaya menghubungi wisatawan tersebut.

Selain melayangkan surat panggilan, Polresta Malang Kota masih terus memantau aktivitas digital wisatawan itu.

"Belum, proses terus berlanjut," kata Ipda Eko saat dikonfirmasi via pesan Whatsapp, Selasa (8/2/2022).

Setelah unggahan pertamanya viral, wisatawan bernama Reza itu mengklarifikasi bahwa dia tidak positif Covid-19, namun sang istri yang terinfeksi.

Melalui akun Instagram @luckyreza, Selasa (8/2/2022), dikatakan bahwa yang positif Covid-19 berdasarkan hasil tes adalah istrinya.

Dalam unggahan itu, dia juga menunjuk dokumen perjalanan dan dokumen hasil tes Covid-19 yang dijalaninya.

Awalnya dia sekeluarga dalam kondisi negatif Covid-19 pergi berobat ke Yogyakarta Melalui perjalanan dari Samarinda ke Jakarta.

"Istri dan anak-anak berangkat lebih dulu tanggal 16 Januari 2022 dan saya menyusul begitu saya sampai di Jakarta tanggal 19 Januari 2022," katanya dikutip dari akun Instagram @luckyreza.

Tetapi mereka tetap melanjutkan perjalanan ke Kota Malang dan menginap di Kota Batu.

Saat hendak melanjutkan perjalanan ke Bali, istrinya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes.

"Lalu kami melakukan swab sebagai syarat kapal feri, di situ hasilnya keluar, saya dan kedua anak saya hasilnya negatif tetapi istri saya positif," katanya.

Akhirnya mereka memutuskan tetap berada di Malang.

"Sehingga tanggal 27 Januari kami mampir di toko oleh-oleh (Lai Lai) yang terkenal paling enak di Malang untuk membeli oleh-oleh dan melanjutkan perjalanan darat kembali ke Jakarta dan Cilegon," katanya masih dikutip dari akun Instagram @luckyreza.

Pada awalnya, wisatawan yang diduga berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur itu mengunggah foto saat dirinya sedang berbelanja ke toko Lai Lai di Malang.

Rupanya dia juga diduga sempat bepergian ke Hawai Waterpark.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan terus berkoordinasi dengan Kabupaten Malang karena tempat wisata air tersebut sebagian berada di Kabupaten Malang.

"Nanti koordinasi juga dengan Dinas Kesehatan kabupaten karena bukan wilayah kami. Hawai itu kan masuknya di wilayah kabupaten, pintu masuknya di kota, tapi lokasinya di kabupaten," kata Sutiaji saat diwawancara, Selasa (8/2/2022).


1 pegawai toko positif Covid-19

Pemerintah Kota Malang dan perwakilan Polresta Malang Kota kemudian bergerak melakukan tes swab antigen kepada 30 pegawai Toko Lai Lai.

Dari hasil swab antigen itu, terdapat satu pegawai positif Covid-19. Akibatnya, toko tersebut harus ditutup.

"Ternyata ada satu yang terpapar Covid-19. Orang-orang di sini rawan terpapar Covid-19. Ini baru antigen, nanti yang berkaitan atau kontak erat dengan dia dites PCR supaya jelas," kata Sutiaji.

Sutiaji mengimbau agar para pengunjung yang beberapa waktu terakhir berbelanja di toko tersebut untuk segera melakukan tes swab di puskesmas terdekat.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Malang dan Batu, Nugraha Perdana | Editor: Andi Hartik, Priska Sari Pratiwi)

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/09/074326678/muncul-unggahan-klarifikasi-wisatawan-positif-covid-19-yang-nekat-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke