Salin Artikel

Beredar Pengakuan Wisatawan Mengaku Covid-19 dan Keluyuran di Malang: Istri Saya yang Positif

MALANG, KOMPAS.com - Beredar pengakuan wisatawan yang mengaku positif Covid-19 namun berkeluyuran di Malang.

Wisatawan yang mengaku bernama Reza Fahd Adrian itu mengaku tidak positif Covid-19. Berdasarkan pengakuannya yang diunggah di akun Instagram @luckyreza, yang positif Covid-19 berdasarkan hasil tes adalah istrinya.

Pernyataan klarifikasi itu diunggah pada Selasa (8/2/2022). Dalam unggahan itu, dia juga menampilkan dokumen perjalanan dan dokumen hasil tes Covid-19 yang dijalaninya.

Dalam unggahan itu dia menjelaskan bahwa dirinya dan keluarganya pergi berobat ke Yogyakarta melalui perjalanan dari Samarinda ke Jakarta dengan kondisi negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes antigen dan PCR.

"Istri dan anak-anak berangkat lebih dulu tanggal 16 Januari 2022 dan saya menyusul begitu saya sampai di Jakarta tanggal 19 Januari 2022," katanya dikutip dari akun Instagram @luckyreza.

Pada tanggal 22 Januari 2022, mereka merasa tidak enak badan, tenggorokannya gatal. Tetapi mereka tetap melanjutkan perjalanan ke Kota Malang dan menginap di Kota Batu.

Kemudian mereka berencana ke Bali. Namun, rencana itu gagal karena istrinya ternyata positif Covid-19 berdasarkan hasil tes.

"Lalu kami melakukan swab sebagai syarat kapal feri, di situ hasilnya keluar, saya dan kedua anak saya hasilnya negatif tetapi istri saya positif," katanya.

Akhirnya mereka memutuskan tetap berada di Malang.

"Sehingga tanggal 27 Januari kami mampir di toko oleh-oleh (Lai Lai) yang terkenal paling enak di Malang untuk membeli oleh-oleh dan melanjutkan perjalanan darat kembali ke Jakarta dan Cilegon," katanya masih dikutip dari akun Instagram @luckyreza.

Menanggapi hal itu, Kasi Humas Polresta Malang Kota Ipda Eko Novianto mengatakan bahwa hingga saat ini wisatawan itu belum berkomunikasi dengan pihaknya.


Namun, kata Eko, Polresta Malang Kota masih terus melakukan proses penyelidikan dan pemantauan secara intensif terhadap aktivitas digital wisatawan itu.

"Belum, proses terus berlanjut," kata Ipda Eko saat dikonfirmasi via pesan Whatsapp.

Sebelumnya, Polresta Malang Kota menyatakan telah mengantongi identitas pemilik akun Facebook yang mengaku positif Covid-19 dan berkeluyuran di Toko Lai Lai Kota Malang, Jawa Timur.

Dalam unggahan yang viral di media sosial itu, tertulis nama akun Facebook Reza Fahd Adrian. Dalam unggahan itu dia mengaku batal ke Bali karena positif Covid-19 dan memilih jalan-jalan di Kota Batu dan Kota Malang.

Polresta Malang Kota juga telah mengirimkan surat panggilan ke pemilik akun untuk mengklarifikasi unggahan tersebut.

Usai unggahan tersebut viral, Wali Kota Malang Sutiaji bersama Dinas Kesehatan Kota Malang dan perwakilan Polresta Malang Kota melakukan tes cepat antigen kepada 30 pegawai Toko Lai Lai pada Senin (7/2/2022).

Hasilnya, terdapat satu pegawai reaktif Covid-19 sehingga toko tersebut ditutup sementara waktu.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/08/194733478/beredar-pengakuan-wisatawan-mengaku-covid-19-dan-keluyuran-di-malang-istri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke