Salin Artikel

9 Siswa SMPN 1 Blitar Positif Covid-19, PTM Dihentikan 2 Pekan

Dengan demikian, total terdapat 9 siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sumber penularannya diduga berasal dari satu siswa di kelas 7D. 

"Tadi malam kami menerima kabar tes dari 12 orang itu dan hasilnya 8 siswa positif," ujar Kepala SMP Negeri 1, Kateman, Selasa (8/2/2022).

Kateman mengatakan, pihaknya telah menyampaikan hasil tes kepada orangtua atau wali murid dari delapan siswa yang terkonfirmasi positif tersebut. 

"Untuk sementara mereka isolasi mandiri di rumah. Belum ada pemberitahuan dari Satgas atau Dinas Kesehatan untuk melakukan isolasi di rumah isolasi," jelasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan setempat Samsul Hadi mengatakan karena rasio orang dites dengan hasil positif (positivity rate) dari kasus di SMP Negeri 1 itu melebihi batas 5 persen maka kegiatan pembelajaran tatap muka harus dihentikan selama dua pekan.

Kata Samsul, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan memutuskan untuk menghentikan kegiatan PTM di seluruh kelas di SMP Negeri 1 mulai hari ini, Selasa, hingga dua pekan ke depan.

"Sesuai SOP untuk daerah PPKM Level 1, jika ada kejadian dengan positivity rate lebih dari 5 persen maka pembelajaran di satuan pendidikan di mana kasus terjadi harus dilakukan secara daring," kata Samsul, Selasa.

Positivity rate kasus di SMP N 1 diketahui mencapai 66,66 persen dari hasil delapan orang yang positif Covid-19 tersebut. 

Sebelumnya, seorang siswa kelas 7D yang baru melakukan perjalanan luar kota dengan keluarga terkonfirmasi positif Covid-19. 

Sebanyak 35 orang termasuk 4 guru yang kontak erat kemudian menjalani tes.

Selain di SMP Negeri 1, kasus penularan Covid-19 di Kota Blitar juga terjadi lebih dulu di SMK Farmasi dan STM Islam. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/08/131700978/9-siswa-smpn-1-blitar-positif-covid-19-ptm-dihentikan-2-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke