Salin Artikel

65 ASN Aktif Huni Rusunawa, Pemkot Surabaya: Seharusnya Mereka Tidak Masuk Data MBR

Temuan ASN dan warga mampu menempati rusunawa yang dikelola Pemkot Surabaya itu disampaikan sejumlah anggota DPRD Kota Surabaya.

Irvan menyampakan, DPRKPP Kota Surabaya sudah melakukan pendataan ulang kepada penghuni rusunawa.

"Sudah kami lakukan verifikasi ulang terhadap penghuni rusun dan melakukan evaluasi," kata Irvan di Surabaya, Senin (7/2/2022).

Pemkot, kata Irvan, sedang memperbaiki manajemen hingga menciptakan aplikasi untuk mendata seluruh penghuni rusun di Surabaya.

Menurut Irvan, proses pendataan dan verifikasi ulang sudah dilakukan mulai Januari 2022 hingga saat ini.

Hasilnya, memang ditemukan ada beberapa penyimpangan soal penghuni rusun itu.

Di antaranya penghuni yang tidak masuk ke dalam Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), padahal jika sesuai Peraturan Daerah (Perda), peruntukan rusun itu untuk MBR.

Ketika ada temuan dari dewan bahwa ada penghuni rusun dari ASN, Irvan juga tidak menyangkalnya.

Ia menyebutkan, berdasarkan data yang dimilikinya, terdapat 87 ASN yang masih menghuni rusun, terdiri dari 65 ASN aktif dan 22 pensiunan ASN.

"Tentunya, penanganannya berbeda-beda antara ASN yang masih aktif dan pensiunan, masih kita kaji lebih lanjut. Namun yang pasti, kalau ASN aktif tidak akan masuk ke dalam data MBR," jelas Irvan.

Irvan juga tak mengelak ketika ditanya soal penghuni rusun memiliki mobil. Ia juga memastikan akan memverifikasi setiap penghuni rusun yang membawa mobil itu.

"Seharusnya, di rusun yang penghuninya MBR, tidak mungkin membawa mobil, karena juga tidak ada parkir untuk mobil, makanya kita verifkasi lebih lanjut," tegas dia.


Irvan menduga, ada penghuni rusun yang memindahkan kepemilikan rusun atau bahkan memperjualbelikan unit tersebut.

Namun, karena sifatnya masih dugaan, pihaknya terus melakukan verifikasi karena sudah tidak sesuai dengan peruntukannya.

"Jadi, kita melakukan verifikasi ulang kepada semua penghuni rusun di Surabaya. Kita evaluasi dan kami juga memohon maaf apabila penghuni itu tidak masuk ke dalam MBR, kami akan minta untuk keluar dari rusun, kita akan gantikan ke warga yang lebih berhak, apalagi saat ini ada sebanyak 11.000 antrean yang ingin masuk ke rusun," kata dia.

Saat ini ada 20 rusunawa yang dikelola Pemkot Surabaya. Adapun 20 rusunawa tersebut adalah Rusunawa Urip Sumoharjo, Dupak Bangunrejo, Sombo, Penjaringansari, Warugunung, Wonorejo, Tanah Merah, Randu, Grudo, Pesapen, Jambangan, Siwalankerto, Romokalisari, Keputih, Bandarejo, Gununganyar Sawah, Dukuh Menanggal, Tambak Wedi, Indrapura, dan Babat Jerawat.

"Dari 20 rusun ini, total ada 103 blok dengan 4.890 unit. Luasnya berbeda-beda setiap rusun," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan, siap membantu jajaran Pemkot Surabaya untuk melakukan penertiban, termasuk penertiban penghuni rusun yang enggan keluar rusun karena bukan MBR.

Namun begitu, ia mengaku masih menunggu bantuan penertiban dari dinas terkait.

"Kalau ada bantip ke kita, tentu kami siap bertindak dengan persuasif," ujar Eddy.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/07/213435478/65-asn-aktif-huni-rusunawa-pemkot-surabaya-seharusnya-mereka-tidak-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke