Salin Artikel

Kasus Covid-19 Naik, Kota Blitar Tak Lagi Zona Hijau

Penurunan zona ini seiring peningkatan kasus Covid-19 dalam dua pekan terakhir.

Juru bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur Makhyan Jibril Al Farabi mengonfirmasi penurunan zona risiko Kota Blitar dari hijau ke kuning.

"Iya benar, saat ini di Jawa Timur semua masuk zona kuning berdasarkan peta risiko Satgas Covid-19 Nasional," kata Jibril saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (5/2/2022).

Selain turun ke zona kuning, kata Jibril, Kota Blitar juga turun dari PPKM Level 1 menjadi PPKM Level 2.

Dengan demikian, kata dia, Kota Blitar akan segera menjalankan PPKM Level 2 setelah berakhirnya masa berlaku Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 6 Tahun 2022 tentang perpanjangan PPKM di Jawa dan Bali pada 7 Februari nanti.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar Toto Robandiyo mengatakan, penurunan zona itu diyakini karena bertambahnya kasus Covid-19 beberapa waktu terakhir. 

"Resminya seperti apa kami belum mendengar. Tapi kalau turun ke kuning mungkin saja berkaitan dengan banyaknya kasus akhir-akhir ini meskipun banyak indikator yang digunakan dalam penentuan gradasi zonasi itu," ujar Toto kepada Kompas.com.

Toto membenarkan tambahan delapan kasus konfirmasi baru pada Jumat (4/2/2022) yang menurutnya berasal dari kegiatan pelacakan dari kasus-kasus sebelumnya pada pekan lalu.

Kota Blitar selama ini dianggap berhasil melakukan penanggulangan pandemi Covid-19 dan ditetapkan sebagai daerah percontohan penerapan PPKM Level 1 pada Oktober tahun lalu.

Tidak hanya itu, pertengahan Januari lalu Kota Blitar mendapatkan predikat sebagai zona hijau risiko penularan Covid-19 dan merupakan daerah satu-satunya di Jawa Timur yang berstatus zona hijau.

Namun sejak awal pekan lalu, kasus konfirmasi Covid-19 mulai bermunculan di Kota Blitar dan terdapat setidaknya tiga klaster penularan Covid-19 di tiga sekolah, yaitu SMK Farmasi Indonesia Putera, STM Islam, dan SMP Negeri 1.

Hingga Jumat, kasus aktif Covid-19 Kota Blitar menjadi 10 setelah terjadi penambahan kasus sebanyak 8 dan dikurangi 1 pasien yang sembuh.

Dari kegiatan pelacakan, sebanyak 92 orang masuk daftar warga yang sedang dalam pantauan. Total akumulasi kasus Kota Blitar saat ini 7.017 dan kasus kematian 268.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/05/162750878/kasus-covid-19-naik-kota-blitar-tak-lagi-zona-hijau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke