Salin Artikel

Kota Malang Mulai Terapkan PTM 50 Persen

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana.

Dia mengatakan untuk PTM 50 persen akan berlangsung sampai tahap evaluasi selanjutnya.

Kebijakan tersebut berlaku untuk sekolah mulai dari tingkat TK (Taman Kanak-Kanak), SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Suwarjana memastikan, sudah menginformasikan aturan itu melalui surat resmi ke seluruh sekolah.

"PTM 50 persen setiap kelas menyesuaikan dengan PPKM di Kota Malang yang saat ini level 2, juga ada surat diskresi dari Menteri Pendidikan," kata Suwarjana saat dihubungi via telepon pada Jumat (4/2/2022) malam.

Berdasarkan data rilis dari Dinas Kominfo Provinsi Jatim, jumlah kasus aktif Covid-19 di Kota Malang yakni 449 kasus atau ada penambahan sebanyak 109 kasus baru pada Kamis (3/2/2022).

Kondisi tersebut menjadikan Kota Malang pada posisi peringkat kedua dalam pemetaan sebaran pasien Covid-19 di Jawa Timur setelah Kota Surabaya.

Sebelumnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves), Kemendikbudristek, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Agama (Kemenag) menyetujui untuk diberikan diskresi kepada daerah pada wilayah PPKM level 2.

Daerah-daerah dengan PPKM level 2 disetujui melakukan diskresi untuk menyesuaikan pembelajaran tatap muka (PTM) dari yang mulanya kapasitas siswa 100 persen menjadi kapasitas siswa 50 persen.

Suwarjana berharap semua sekolah bisa menindaklanjuti aturan yang ditetapkan pemerintah pusat tersebut sehingga situasi dan kondisi kasus Covid-19 di Kota Malang bisa membaik.

Dia meminta supaya masyarakat bisa tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

Sebab, menurutnya keberhasilan PTM tergantung bagaimana sikap masyarakat dalam menaati prokes. Jika semuanya mematuhi dengan baik, maka PTM bisa kembali 100 persen.

"Semoga levelnya segera berubah, masyarakat juga sebenarnya mayoritas menghendaki PTM 100 persen," ujarnya.


Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang pihaknya juga rutin melaksanakan tes swab antigen secara acak.

"Tapi Alhamdulillah selama ini tidak ada yang terpapar, nggak pernah menemukan yang positif," katanya.

Kemudian untuk tingkat vaksinasi usia 6 sampai 11 tahun, Suwarjana mengungkapkan, tahap pertama sudah mencapai 100 persen. Kemudian vaksinasi untuk tahap kedua masih sekitar 35 persen.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/04/233144178/kota-malang-mulai-terapkan-ptm-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke