Salin Artikel

12 Bayi Lahir di Tanggal Cantik Hari Ini di RSIA Kendangsari Merr Surabaya

12 bayi tersebut lahir dengan indikasi medis atau melalui operasi sesar.

Kepala Bagian Humas RSIA Kendangsari Merr, Dina mengatakan, hari ini pihak RS telah menyelesaikan tindakan proses persalinan 12 ibu hamil.

“Memang semua pasien ini sesuai dengan hitungan waktu hari perkiraan lahirnya, dan ditambah lagi arahan atau saran dari dokter penanggung jawabnya,” ungkap Dina saat ditemui langsung oleh Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Menurut Dina, penanganan persalinan pada tanggal cantik terbilang banyak dan meningkat dua kali lipat dari hari biasanya.

“Kalau hari biasa paling 4-5 pasien. Hari ini sampai 12 bayi atau 12 ibu yang melahirkan dan semuanya warga Surabaya raya,” papar dia.

Dari 12 bayi itu tercatat 7 orang berjenis kelamin laki-laki dan 5 perempuan. Serta 1 masih dalam tindakan medis.

Sementara itu, menurut dr. Rozi Aditya Aryananda, Sp.OG pasien yang ditangani tidak ada yang sengaja meminta atau memesan hari persalinannya di tanggal cantik.

Mereka melahirkan dengan hitungan waktu persalinan yang sesuai atau berdasarkan kajian medis yaitu indikasi medis (operasi).

”Tadi pasien-pasien kami memang waktunya melahirkan dan memang harus menjalani operasi dan kebetulan hari ini berbarengan dengan tanggal cantik,” kata Rozi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/2/2022).


Tindakan operasi sejak dini hari

Rozi memulai tindakan operasi sejak sekitar pukul 04.00 WIB dan melakukan persiapannya sejak sore petang kemarin.

“Jam 16.00 WIB ini masih ada satu lagi yang harus dilakukan tindakan operasi. Alhamdulillah selama proses operasi 12 bayi dan ibunya selamat dan tanpa hambatan. Semoga yang satunya ini lancar juga,” sebut dia.

Dia menegaskan tindakan medis itu dilakukan bukan karena permintaan pasien.

Minta keluarga tak kejar tanggal cantik

Rozi juga mengakui bahwa selama ia bertugas, banyak keluarga pasien yang meminta proses persalinannya di tanggal cantik.

Namun setelah ia jelaskan pertimbangan medis dan keselamatan ibu, akhirnya banyak yang mengurungkan niatnya.

“Saran saya janganlah, enggak usah ngejar tanggal cantik karena risikonya itu juga tinggi. Selama saya bertugas memang kerap menemukan pasien yang meminta persalinannya tepat pada tanggal cantik. tapi setelah dijelaskan kemungkinannya, Alhamdulillah mengerti dan paham” beber dia.

Rozi menjelaskan alasan dia melarang pasien memaksa melahirkan di tanggal cantik.

Sebab, resikonya adalah jika hamil lagi dan jarak terlalu dekat maka harus melakukan tindakan medis operasi pula.

Kemudian, persalinan yang dilakukan secara indikasi medis, pascaoperasi harus ekstra dijaga proses penyembuhannya.

Terutama asupan nutrisi, vitamin, dan keberhasilan tubuh sang ibu juga penting harus dijaga untuk mempercepat proses penyembuhan luka bedahnya.

“Jadi gitu ya, dan akan mempengaruhi pada kehamilan berikutnya,” pungkas dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/02/02/201516678/12-bayi-lahir-di-tanggal-cantik-hari-ini-di-rsia-kendangsari-merr-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke