Salin Artikel

"Belum Pernah Saya Beli Minyak Goreng Harga Rp 14.000, Masih seperti Harga yang Lama"

Namun, faktanya, belum semua warga di Jawa Timur merasakan membeli minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter. Seperti halnya ibu rumah tangga, Rinda Dwi Lestari (38), asal Kelurahan Sisir, Kota Batu.

Wanita yang bekerja sehari-hari menjadi pegawai swasta di salah satu rumah sakit di Kota Batu itu masih membeli minyak goreng dengan harga lama.

Ia biasa membeli minyak goreng seharga Rp 20.000 per liter atau Rp 38.000 per kemasan dua liter.

"Belum pernah saya beli minyak harga Rp 14.000, masih seperti harga yang lama," kata ibu dua anak itu saat dikonfirmasi, Jumat (28/1/2022).

Sebenarnya, ia tidak keberatan membeli minyak goreng dengan harga lama. Tetapi, ia tetap berharap minyak goreng Rp 14.000 per liter itu bisa dijangkau seluruh masyarakat.

Rinda tidak mau ribet dan memilih membeli minyak goreng di toko-toko kelontong di dekat rumahnya.

Ia sempat berusaha membeli minyak goreng murah itu dengan mencari di ritel-ritel modern, tetapi selalu kehabisan.

"Kalau merasa kesusahan sih tidak, di Indomaret dan Alfamart stoknya gampang habis, saya juga pernah lihat ibu-ibu ngantre minyak goreng murah di toko ritel dekat Pasar Besar sebelum tokonya buka," ujarnya.

Nurin juga kesusahan mencari minyak goreng seharga Rp 14.000 per liter. Padahal, ia butuh dua liter minyak goreng untuk berjualan dalam sehari.

"Beli ya masih harga lama, cari di Pasar Kasin juga enggak ada kata pedagangnya, ya sudah beli minyak yang harga lama saja daripada enggak jualan, karena pangsit saya ada dimsumnya," ungkapnya.

Untuk menyiasati kondisi itu, Nurin menggoreng dimsumnya menggunakan minyak goreng yang sama untuk beberapa kali.

Sebenarnya ia ingin mendapatkan minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter itu.

"Inginnya sih bisa dapat harga murah, tapi nyarinya masih susah," katanya.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Besar Kota Malang, Afi Riskia, mengatakan, meski pemerintah telah memberikan waktu penyesuaian penjualan minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter sejak 19 Januari lalu, dirinya masih kesulitan untuk mendapatkannya.

"Kemarin sih aku tanya ke grosiran itu belum ada, Jadi masih dengan harga yang lama," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/28/155958478/belum-pernah-saya-beli-minyak-goreng-harga-rp-14000-masih-seperti-harga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke