Salin Artikel

Kota Blitar Undur Perayaan Hari Jadi ke-116, Ini Penyebabnya

Mundurnya perayaan ini adalah untuk menghindari penyebaran Covid-19 termasuk varian Omicron.

Adapun Kota Blitar biasanya memeringati hari jadinya setiap tanggal 1 April 2022 dengan berbagai kegiatan termasuk bazar Blitar Jadoel. Lantaran diundur, perayaan dijadwalkan berlangsung pada Juni.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Hakim Sisworo mengatakan, Pemerintah Kota Blitar akan menunda pelaksanaan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Blitar yang semula akan dimulai akhir Maret menjadi Juni.

"Rencana awal kan dimajukan di bulan Maret karena April sudah masuk bulan puasa. Tapi karena arahan dari Satgas Covid-19 bahwa sampai Maret ini kan bisa terjadi lonjakan sehingga kita undur pelaksanaannya," kata Hakim di Kantor Wali Kota, Rabu (26/1/2022).

Menurut Hakim, besar kemungkinan rangkaian perayaan peringatan Hari Jadi Kota Blitar akan disatukan dengan rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno, yang merupakan kegiatan tahunan setiap bulan Juni.

"Ini tadi kita diskusikan dengan Pak Wali, dan kemungkinan besarnya akan disatukan dengan Bulan Bung Karno," jelasnya.

Hakim mengatakan, kegiatan ikonik selama perayaan Hari Jadi Kota Blitar adalah acara Blitar Jadoel yang selama dua tahun terakhir tidak terselenggara karena pandemi Covid-19.

Dengan melandainya kasus Covid-19 di Kota Blitar dalam tiga bulan terakhir, kata Hakim, Pemerintah Kota Blitar berencana menggelar kembali event Blitar Jadoel di bulan Maret guna menghindari benturan dengan Ramadhan

Namun, perkembangan terbaru penyebaran Covid-19 terutama yang dipicu oleh varian Omicron membuat rencana tersebut harus dibatalkan lagi.

"Kita berharap Blitar Jadoel yang sudah terselenggara sejak 2006 dapat kita hadirkan lagi tahun ini. Tapi kita akan lihat situasi setelah Hari Raya Idul Fitri. Kalau tidak ada masalah akan kita laksanakan akhir Mei atau Juni," jelas Hakim.


Blitar Jadoel merupakan event ikonik di Kota Blitar berupa bazar rakyat dengan penataan tenda ala era perjuangan kemerdekaan.

Kegiatan digelar di Alun-alun Kota Blitar.

Blitar Jadoel biasanya didominasi oleh tenda-tenda yang menjajakan beragam produk ratusan pelaku usaha kecil dan menengah dari Blitar dan daerah lain.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/26/172050578/kota-blitar-undur-perayaan-hari-jadi-ke-116-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke