Salin Artikel

Siswa di Lumajang Seberangi Endapan Lahar Semeru untuk Berangkat ke Sekolah

KOMPAS.com - Sejumlah siswa di Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Lumajang, Jawa Timur, harus melewati endapan material vulkanik Gunung Semeru untuk berangkat ke sekolah.

Sebab, jembatan di atas Sungai Regoyo yang menjadi akses utama di daerah itu putus akibat banjir lahar dan belum diperbaiki.

"Ada banyak batu-batu tapi senang bisa sekolah lagi," kata Rama, salah satu siswa pada Selasa (25/1/2022) seperti dikutip dari TribunJatim, Rabu (26/1/2022).

Rama bersama tema-temannya sedang menuju ke SDN Jugosari III, tempatnya bersekolah. Dia nekat melintasi endapan lumpur itu karena tidak ada akses lain.

Meski endapan lumpur itu sudah mengeras, mereka harus tetap hati-hati. Banyak batu melintang di aliran sungai yang dipenuhi lumpur itu.

Namun, mereka tetap bahagia. Sebab, mereka hampir satu bulan tidak sekolah sejak akses teputus.

Koordinator lapangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Nur Afandi belum memastikan kapan jembatan limpas itu akan kembali dibangun.

Namun, pihaknya sudah mengkaji biaya penanganan jembatan tersebut. Rencananya, jembatan akan dibuat lebih kokoh supaya tahan dari hantaman banjir lahar.

"Kami tidak bisa memastikan sebulan atau dua bulan ke depan. Yang jelas semua kerusakan akibat erupsi jadi prioritas," ujarnya.

Sementara itu, petugas dari BBWS Brantas sudah membuat pengalihan arus sungai dengan membuat tanggul dari material pasir dan batu. Tanggul itu sebagai penanganan darurat terhadap akses jembatan yang putus.

Panjang tanggul kurang lebih berukuran 30 meter, berada di sebelah bangunan jembatan yang putus.


Dengan begitu, arus sungai diharapkan tidak mengalir ke arah jembatan yang putus supaya endapan lumpur mengeras dan bisa dilalui sebagai akses darurat.

Namun, penanganan darurat itu dinilai belum aman. Jika banjir lahar kembali datang, tanggul yang dibuat dari tumpukan pasir dan batu itu berpotensi ikut arus.

"Seharusnya tanggul itu dibuat bronjongan karena banjir lahar itu sangat deras. Jembatan aja putus apalagi cuma tanggul darurat," kata Yudi, salah seorang warga.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul: Jembatan Putus Belum Juga Dibangun, Siswa di Lumajang Nekat Seberangi Endapan Lahar

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/26/104653678/siswa-di-lumajang-seberangi-endapan-lahar-semeru-untuk-berangkat-ke-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke