Salin Artikel

3 Anak di Kota Blitar Alami KIPI Usai Vaksin, Mulai Demam hingga Mual

Kepala Seksi Surveilans pada Dinas Kesehatan Saiful mengatakan, gejala yang dialami oleh tiga anak peserta vaksinasi dosis pertama itu berupa demam, pusing, dan mual.

"Ini masuk kategori gejala ringan. Rata-rata dari ketiga anak mengalami gejala demam, pusing dan mual. Ini kita konfirmasikan sebagai KIPI," ujar Saiful saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Ketiga anak yang mengalami gejala KIPI, kata Saiful, adalah dua anak laki-laki berusia 7 dan 8 tahun serta seorang anak perempuan berusia 9 tahun.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Dharma Setiawan mengatakan, ketiga kasus KIPI tersebut sudah ditangani petugas kesehatan dari fasilitas kesehatan terdekat.

Dharma mengaku belum mendapatkan konfirmasi apakah ketiganya sudah mengikuti vaksinasi dosis kedua.

Namun dirinya berharap ketiganya dapat segera mengikuti vaksinasi dosis kedua.

"Harapan kami ketiganya dapat segera ikut vaksinasi dosis kedua," ujarnya.

Dharma mengeklaim sejauh ini pihaknya belum menerima laporan KIPI selama pelaksanaan vaksinasi dosis kedua.

Kata Dharma, Komda KIPI Kota Blitar terus memonitor jalannya vaksinasi dan memastikan peserta vaksinasi memiliki akses yang baik ke fasilitas kesehatan dan rumah sakit jika sewaktu-waktu terjadi KIPI.

"Kami tetap waspada dan kami minta kepada orang tua untuk memastikan anak-anak dalam kondisi yang sehat sebelum mengikuti vaksinasi," ujarnya.

Dharma mengatakan cakupan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Blitar telah melampaui angka 100 persen dari total sasaran sebanyak  13.528.

Dosis kedua, lanjutnya, ditargetkan tuntas pada akhir Februari sehingga pada Maret pihaknya tinggal berfokus pada pelaksanaan vaksinasi booster bagi warga lanjut usia. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/25/184015178/3-anak-di-kota-blitar-alami-kipi-usai-vaksin-mulai-demam-hingga-mual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke