Salin Artikel

Patroli Penegakan Prokes Digelar, Kapolresta Malang Kota: Kita Ingatkan Lagi Masyarakat

Sebanyak 380 personel gabungan dari Polresta Malang Kota, Brimob, Kodim 0833/Kota Malang, Satpol PP Kota Malang, dan Dinas Perhubungan Kota Malang, diterjunkan.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kota Malang.

Patroli itu bertujuan mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Karena mulai banyak masyarakat dari informasi yang ada tentang kerumunan, kegiatan yang sifatnya mengundang banyak orang, jadi kita ingatkan lagi masyarakat untuk patuh terhadap prokes," kata Kombes Pol Buher sapaan akrabnya saat diwawancarai awak media.

Ia memastikan tujuan kegiatan Pamor Keris bukan membatasi kegiatan masyarakat.

Meski begitu, bagi masyarakat yang hendak menyelenggarakan kegiatan dengan mengundang banyak massa diharapkan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Malang.

"Kita atur regulasinya, jadi kami tidak akan serta merta memberikan izin, kita akan membatasi waktu dan jumlah massa yang ada," ujarnya.

Patroli protokol kesehatan itu menyasar berbagai tempat yang berpotensi terjadi keramaian. Seperti sekolah dan restoran.

Ia mengimbau seluruh masyarakat kooperatif dan tidak menutup diri jika ada petugas yang datang.

Kombes Pol Buher juga memperingatkan MAN 2 Kota Malang yang tidak memberikan akses kepada petugas untuk mendampingi pelaksanaan tracing beberapa waktu lalu.

"Kami ini memberikan tindakan pelayanan yang baik kepada masyarakat, ingat Salus Populi Suprema Lex Esto (keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi), kami ini rela terpapar, meluangkan waktu tetapi kok diusir tidak diterima. Tidak seperti yang terjadi pada sekolah di jalan Bandung, kalau seperti yang terjadi di MAN 2 saya sampaikan itu ada pidananya 212 karantina massa itu," ungkapnya.

Sedangkan Kepala Sekolah MAN 2 Kota Malang, Mohammad Husnan saat dihubungi via telepon oleh Kompas.com tidak menjawab.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/24/140455278/patroli-penegakan-prokes-digelar-kapolresta-malang-kota-kita-ingatkan-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke