Salin Artikel

Harga Minyak Goreng Rp 14.000, Khofifah: Jangan "Panic Buying", Stok Aman

Dia memastikan stok yang disediakan pemerintah cukup untuk kebutuhan dapur warga Jatim.

"Jangan ada panic buying, insyaallah stoknya aman," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (20/1/2022).

Pembelian minyak goreng tersebut, kata Khofifah, memang dibatasi agar stoknya bisa merata.

"Jadi kami mohon kepada masyarakat juga untuk bisa mengerti dan membeli hanya sesuai keperluan atau kebutuhan," ujarnya.

Intervensi harga minyak goreng dari pemerintah pusat tersebut diharapkan mampu menstabilkan harga jual minyak goreng bagi masyarakat umum.

Pemprov Jatim, kata dia, akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terkait efektivitas program ini di lapangan.

Khofifah mengungkapkan sudah melakukan sidak memantau distribusi minyak goreng tersebut di sejumlah pasar di Sidoarjo.

"Sempat terjadi pembelian dalam jumlah besar, jadi ada yang kehabisan stok. Tetapi tadi malam sudah kembali di suplai sehingga aman," pungkasnya.

Pemerintah diketahui resmi menerapkan kebijakan satu harga untuk minyak goreng yakni sebesar Rp 14.000 per liter yang berlaku mulai Rabu (19/1/2022).

“Pemberlakuan kebijakan satu harga untuk minyak goreng yakni sebesar Rp14.000 per liter akan di mulai pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB di seluruh Indonesia," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika memimpin Rapat Komite Pengarah BPDPKS, Selasa (18/1/2022).

Namun, khusus untuk pasar tradisional, dikatakan Airlangga, akan diberikan waktu penyesuaian selambat-lambatnya 1 minggu dari tanggal pemberlakuan.

Airlangga membeberkan, minyak goreng kemasan dengan harga khusus tersebut akan disediakan sebanyak 250 juta liter per bulan selama jangka waktu 6 bulan.

Upaya menutup selisih harga ini tidak hanya diberikan untuk minyak goreng kemasan 1 liter, tetapi juga diberikan untuk minyak goreng dalam kemasan 2 liter, 5 liter, dan 25 liter.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/20/162326278/harga-minyak-goreng-rp-14000-khofifah-jangan-panic-buying-stok-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke