Salin Artikel

Siswa SMP di Gresik Diduga Dikeroyok Kakak Kelas Saat PTM, Dinas Pendidikan Terjunkan Tim

MI diduga dianiaya oleh beberapa orang kakak kelasnya hingga mengalami sejumlah  luka di tubuhnya.

Tindak kekerasan itu terjadi ketika MI mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah, Senin (17/1/2022).

Dinas Pendidikan kirimkan tim

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Hariyanto mengatakan, pihaknya sudah mengetahui adanya dugaan pengeroyokan terhadap salah seorang siswa di SMPN 8 Gresik.

Tindakan tersebut diduga dilakukan oleh beberapa orang kakak kelas MI di sekolahan.

"Kemarin kami sudah mengirimkan tim ke sana (SMPN 8 Gresik). Insya Allah sudah ada jalan keluar," ujar Hariyanto, saat dikonfirmasi, Rabu (19/1/2022).

Mencoba memediasi

Hariyanto menjelaskan, tim perwakilan dari Dinas Pendidikan yang dikirimkan ke SMPN 8 Gresik mencoba untuk menjembatani.

Tujuannya, supaya pihak-pihak yang terlibat dalam kejadian tersebut berkenan untuk menyelesaikan kasus secara kekeluargaan dan tidak sampai berlanjut ke ranah hukum.

"Semoga tidak (sampai jalur hukum). Kami harap diselesaikan dengan mediasi, dengan melibatkan berbagai pihak," tutur Hariyanto.


Tetap disanksi

Kendati berharap kasus dugaan kekerasan di sekolah tersebut berakhir dengan mediasi, namun Hariyanto menegaskan bakal tetap menjatuhkan sanksi kepada para terduga pelaku tindak penganiayaan dan kekerasan terhadap MI.

Hukuman yang diterapkan bakal disesuaikan dengan aturan yang ada.

"Pasti ada (hukuman yang diberikan), itu kebijakan sekolah, sudah diatur (dalam peraturan yang berlaku)," ucap Hariyanto.

Penjelasan polisi

Kasatreskrim Polres Gresik Iptu Wahyu Rizki saat dikonfirmasi terpisah, mengatakan, sudah menerima laporan dari pihak orangtua korban.

Polisi kini masih menunggu inisiatif dari pihak sekolah, yang hendak mengumpulkan para orangtua murid-murid terkait.

Wahyu menegaskan, bakal memanggil terduga pelaku dan perwakilan dari pihak sekolah, awal pekan depan.

"Untuk pelaku dan pihak sekolah, rencananya akan kami panggil Senin (24/1/2022) mendatang. Karena dari pihak sekolah, hari ini atau besok (20/1/2022) kepala sekolah bakal mengumpulkan wali murid dan wali kelas. Entah mau mediasi dulu atau seperti apa," kata Wahyu.

Adapun MI diduga menjadi korban penganiayaan yang dilakukan oleh beberapa orang kakak kelasnya di SMPN 8 Gresik, Driyorejo.

Terduga pelaku diperkirakan berjumlah enam hingga delapan orang siswa. Kejadian tersebut berlangsung ketika jam istirahat, sekitar pukul 09.30 WIB, Senin (17/1/2022) lalu.

Pada saat itu, MI yang sedang berada di dalam ruangan kelas, kemudian dihampiri oleh terduga pelaku untuk diajak keluar.

Ketika berada di samping kelas, mereka sempat adu mulut. MI kemudian dipukul dan ditendang oleh para terduga pelaku.

Akibat kekerasan tersebut, MI mengalami luka sobek di bagian mata kiri dan juga memar di hidung. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/19/142505178/siswa-smp-di-gresik-diduga-dikeroyok-kakak-kelas-saat-ptm-dinas-pendidikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke