Salin Artikel

Wakil Bupati Kagum Lapas Tuban Bisa Terapkan Layanan Berbasis IT

TUBAN, KOMPAS.com - Wakil Bupati Tuban, Riyadi kagum sekaligus mengapresiasi layanan berbasis IT terhadap warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban.

Hal itu disampaikan Riyadi saat mengunjungi setiap ruang pelayanan dan pembinaan di Lapas Tuban sembari menyapa warga binaan yang sedang beraktivitas, Selasa (18/1/2022).

Menurutnya, fasilitas layanan di Lapas Tuban telah memenuhi standar yang belum dimiliki oleh kantor-kantor di lingkungan Pemkab Tuban.

"Seperti warga binaan bisa menyapa keluarga lewat IT, transaksi tanpa uang tunai, dan kebersihan serta menu makanan sangat diperhatikan," kata Riyadi dalam kunjungannya, Selasa.

Pada kesempatan tersebut, Riyadi juga memberikan motivasi kepada lebih dari 80 orang warga binaan dan petugas di Aula Raden Said Lapas Tuban.

Riyadi berharap, suatu saat para warga binaan yang akan keluar dari Lapas menjadi sumber daya manusia yang terampil di Kabupaten Tuban dengan bekal pembinaan keterampilan selama di Lapas.

"Saya harap setelah bebas dari Lapas bisa punya pekerjaan yang mana keahlian ini dipraktikkan sehingga bisa mandiri secara ekonomi untuk daerah sekitar," harapnya.

Kepala Lapas Tuban, Siswarno menyampaikan terimakasih kepada wakil bupati atas perhatiannya kepada warga binaan di Lapas Tuban yang sebagian besar adalah warga Kabupaten Tuban.

Siswarno menyambut baik antusias Wabup Riyadi untuk menjadikan warga binaan Lapas Tuban sebagai tenaga yang terampil di Kabupaten Tuban.

"Kami telah bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja Tuban untuk pelatihan bersertifikasi bagi warga binaan, seperti mebelair, pengelasan, service AC, service HP, menjahit, dan banyak lagi," ungkapnya.

Sementara itu, Lapas Tuban hingga saat ini dihuni oleh sebanyak 437 orang warga binaan, padahal seharusnya kapastias hunian hanya menampung 266 orang warga binaan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/18/222852278/wakil-bupati-kagum-lapas-tuban-bisa-terapkan-layanan-berbasis-it

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke