Salin Artikel

Kota Blitar Jadi Satu-satunya Daerah Zona Hijau Risiko Penularan Covid-19 di Jatim

Penetapan itu menempatkan Kota Blitar sebagai satu-satunya daerah dengan status zona hijau di Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Dharma Setiawan mengatakan, Kota Blitar mendapatkan status zona hijau didasarkan pada tidak adanya kasus konfirmasi Covid-19 selama satu pekan terakhir.

"Alhamdulillah memang satu minggu terakhir kita tidak mempunyai kasus. Sehingga BLC Jakarta menempatkan Kota Blitar jadi warna hijau, satu-satunya di Jawa Timur," ujar Dharma kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Menurut Dharma, dalam sistem penilaian zonasi risiko penularan Covid-19, suatu daerah ditetapkan sebagai wilayah zona hijau jika memeroleh skor di atas tiga.

Dharma mengatakan, Kota Blitar sudah mendapat skor tiga sejak lama. Namun, baru satu pekan terakhir Kota Blitar memperoleh skor lebih dari tiga.

Menurutnya, selain karena dapat mempertahankan nol kasus konfirmasi selama satu pekan terakhir, testing Kota Blitar juga mencapai target sebanyak 800 testing.

"Sebenarnya kita sudah beberapa bulan terakhir nol kasus. Tapi skor bertahan di angka tiga karena testing yang belum memenuhi target dan beberapa hal lainnya," ujar Dharma.

Dharma mencontohkan, terjadinya kematian pada pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Mardhi Waluyo, Kota Blitar, dua pekan lalu yang telah menghambat perolehan skor di atas tiga.

Padahal, kata dia, pasien tersebut bukan warga Kota Blitar. Namun, dalam penilaian berbasis BLC tetap diperhitungkan sebagai faktor risiko penularan.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Blitar Santoso menyatakan apresiasinya kepada warga Kota Blitar turut membantu tercapainya penilaian zona hijau dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Saya harapkan status zona hijau ini tidak membuat kita eforia kemudian terlena dan akhirnya dapat turun level ke zona kuning," ujar Santoso.

Hingga Minggu (16/1/2022), akumulasi kasus Covid-19 Kota Blitar sebanyak 7.006 dengan jumlah kasus kematian sebanyak 268.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/17/132838578/kota-blitar-jadi-satu-satunya-daerah-zona-hijau-risiko-penularan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke