Salin Artikel

Hujan dan Angin Kencang Landa Jember, Puluhan Rumah Warga Rusak

"Dua wilayah yang terdampak parah yakni Kecamatan Arjasa di Desa Kemuning Lor dan Kecamatan Patrang di Kelurahan Baratan," kata Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo di Jember, seperti dikutip dari Antara, Senin (17/1/2022).

Heru mengatakan, tak ada korban jiwa dalam bencana angin kencang itu. Bencana itu menyebabkan beberapa pohon di kecamatan itu tumbang.

Sejumlah rumah dan tempat usaha juga rusak diterjang angin.

"Angin kencang juga menyebabkan jaringan penerangan jalan umum (PJU) terputus dan dua tiang roboh, jaringan kabel Telkom terputus dan sementara jalan penghubung antar desa tertutup total akibat pohon tumbang melintang di jalan," tuturnya.

Terdapat 32 bangunan yang mengalami kerusakan ringan hingga berat akibat bencana angin kencang tersebut.

"Secara rinci, ada 24 rumah rusak ringan, tiga rumah rusak sedang, satu rumah rusak berat. Kemudian dua tempat usaha rusak ringan dan satu rusak sedang, serta satu kandang ayam juga rusak," katanya.

BPBD Jember sudah melakukan asesmen kerusakan rumah warga. Petugas juga telah membantu warga melakukan pembersihan dan memperbaiki dampak kerusakan.

"Pembersihan dampak bencana angin kencang dilanjutkan Senin pagi ini karena semalam di lokasi juga masih pemadaman listrik karena lampu PJU di lokasi terdampak banyak yang ambruk," ujarnya.

BPBD Jember juga mendatangkan Tim Jitupasna ke lokasi terdampak bencana angin kencang untuk menghitung jumlah kerugian akibat keruskan bangunan milik warga.

Heru mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap bencana angin kencang yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan menghindari tempat-tempat yang rawan roboh.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/17/110654178/hujan-dan-angin-kencang-landa-jember-puluhan-rumah-warga-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke