Salin Artikel

Bangkalan Diguncang Gempa 4,1 M, Warga Kira Pusing: Kayak Goyang-goyang

Salah satu pengakuan warga yang merasakan langsung adalah Manten (45), warga Kecamatan Modung, yang saat itu dia berada di dalam rumahnya.

Dia mengaku merasakan guncangan itu sebanyak tiga kali. Pertama dia terasa seperti goyang-goyang, karena posisi dia kurang sehat menduga karena efeknya yang kurang sehat.

"Saya kira tadi, goyang-goyang itu biasa karena saya sedang sakit kepala. Eh ternyata sampek tiga kali saya rasakan, ini gempa saya keluar langsung dari rumah," kata Manten kepada Kompas.com.

Setelah dia keluar langsung mencari cucunya yang sedang sekolah agama.

"Pas saya tanya ternyata ada yang ngerasain juga, langsung saya cari cucu saya, itu sekitar pukul tiga sore lebih kejadiannya," ucap dia.

Dia juga bersyukur dari gempa itu tidak ada kerusakan yang dialami.

Hal yang sama dirasakan pula oleh Umar Hazbullah (61) warga Kecamatan Labang, dia juga merasakan guncangan itu saat sedang istirahat di ruang tamunya.

Mulanya dia mengira karena efek lesu, sebab sebelumnya Umar menurunkan LPG 3kg di tokonya.

"Sampai saya duduk di sofa masih kayak oleng, wah ini gempa. Ya Allah semoga dilindungi dan diberi keselamatan," ucap Umar.

Umar juga mengaku tidak ada kerusakan akibat dari gempa tersebut.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro, gempa terjadi tepat pada pukul 15.18. 09 WIB, namun tidak berpotensi tsunami

"Titik gempa berada pada koordinat 7.25 Lintang Selatan dan 112.92 Bujur Timur tepatnya 23 km Tenggara Bangkalan. gempa ini terjadi pada kedalaman 14 km," pungkas dia.

Gempa bumi yang terjadi saat ini, menurut dia, masuk dalam katagori gempa bumi dangkal, yang disebabkan dari patahan lokal RMKS atau Rembang-Madura-Kangean-Sakala Fault.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat patahan lokal RMKS Fault," ungkap Cipto.

Adapun getaran gempa yang terjadi, menurut Cipto, dirasakan hingga Surabaya bagian utara, Surabaya bagian timur, Madura Sumenep dan juga Juanda.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/15/203749778/bangkalan-diguncang-gempa-41-m-warga-kira-pusing-kayak-goyang-goyang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke