Salin Artikel

Video Viral Sopir Curi Penutup Drainase di Probolinggo, Polisi Sudah Kantongi Identitas Pelaku

Video tersebut merupakan rekaman kamera pengawas atau CCTV di lokasi kejadian. Dalam video itu, terlihat pelaku mengenakan pakaian putih, biru, dan kuning.

Sebelum melancarkan aksinya, pelaku terlihat melihat keadaan di sekitar lokasi.

Setelah itu, pelaku mengambil penutup besi drainase dan membawanya ke atas mobil penumpang umum (MPU) yang dikendarainya.

Pelaku kemudian tancap gas menuju arah timur Jalan Pantura Probolinggo-Situbondo.

Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto mengatakan, aksi pencurian itu terjadi pada Kamis (6/1/2022).

Polisi telah mengantongi identitas pelaku pencurian itu. Pelaku diduga berinisial D, warga Kecamatan Paiton, yang berprofesi sebagai sopir di sebuah pabrik rokok.

“Untuk mobil dan barang hasil curian itu kami temukan di Kecamatan Gending. Total ada sekitar 58 manhole (penutup besi drainase) di jalur Kraksaan yang hilang. Kerugian kurang lebih mencapai Rp 50 juta,” ujar Sujianto kepada Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

Saat ini, lobang drainase di depan MINU Kraksaan terpaksa ditutup dengan bangku sekolah agar warga tak terperosok. 

Apalagi, lokasi kejadian berada di trotoar jalan protokol, yakni Jalan Panglima Sudirman. Trotoar itu memang banyak dilalui warga.


Polisi masih mendalami kasus pencurian tersebut. Selama 2021, sudah ada 57 penutup besi drainase yang hilang.

Informasi mengenai jumlah penutup drainase yang hilang itu diperoleh dari Pemkab Probolinggo. Polisi masih mendalami apakah pencurian itu dilakukan pelaku yang sama.

Polisi masih memburu pelaku berinisial D tersebut. Pelaku kabur setelah video aksi pencuriannya viral di media sosial.

"Satu penutup drainase yang dicuri beratnya sekitar 50 kilogram seharga Rp 1,2 juta. Sehingga, jika ditotal kerugian Pemkab Probolinggo sekitar Rp 50 juta," ujar Sujianto.

Sejauh ini, polisi telah mengamankan barang bukti berupa mobil penumpang umum dengan nomor polisi N 721 UN. Di dalam mobil itu ditemukan penutup drainase yang dicuri pelaku.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/14/192151478/video-viral-sopir-curi-penutup-drainase-di-probolinggo-polisi-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke