Salin Artikel

Video Viral Pemuda Mainkan Bak Sampah hingga Rusak Taman, Wali Kota: Tidak Patut Dicontoh...

Dalam video berdurasi 12 detik yang diunggah akun Instagram @probolinggokita, tampak sejumlah pemuda bercanda dan tertawa menyaksikan temannya naik ke bak sampah hijau.

Mereka lalu merobohkan bak sampah itu hingga menimpa tanaman di sekitarnya.

Unggahan itu menuai beragam komentar warganet. Sebagian besar warganet kecewa dengan perbuatan para pemuda itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Probolinggo Rachmadeta Antariksa menyayangkan kejadian tersebut.

Fasilitas taman dan tanaman itu dikelola dengan uang rakyat. Perawatan tanaman tersebut juga membutuhkan waktu bertahun-tahun.

"Semoga tidak terulang kejadian tersebut," kata Rachmadeta kepada Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Para Pelaku Menyerahkan Diri

Keempat pelaku yang masih remaja itu berinisial R (17), A (21), Al (21), dan Ah (16). Mereka menyerahkan diri ke Kantor Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Probolinggo pada Kamis.

Saat ditemui Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, para pelaku mengaku hanya bercanda. Mereka pun kapok telah melakukan perbuatan itu.

Hadi telah memperingatkan para pemuda tersebut. Ia mengatakan, warga Kota dan Kabupaten Probolinggo yang melakukan perusakan itu telah mengakui perbuatannya.

Para pelaku, kata Hadi, juga telah meminta maaf terkait perbuatan itu.

"Ini adalah kenakalan remaja yang merusak fasilitas umum beberapa waktu lalu, dan benar-benar tak patut dicontoh. Mereka menyadari kesalahannya, mengklarifikasi dan dengan sadar datang ke sini. Tentunya harapan saya, tak ada lagi hal semacam ini,” kata Hadi kepada Kompas.com.


Hadi memerintahkan Satpol PP agar memberikan sanksi kepada para pemuda itu sebagai efek jera. 

Ia menjelaskan, Taman Semeru merupakan fasilitas publik milik warga Kota Probolinggo yang harus dijaga dan dipelihara bersama.

"Pemkot Probolinggo melakukan perbaikan-perbaikan fasilitas umum, sekaligus mempercantik dan merawat taman-taman yang ada di wilayah kota, tapi malah dirusak. Masyarakat selaku pengguna pun, diminta untuk turut menjaga agar fasilitas layanan publik itu berfungsi dengan baik dan lama," kata Hadi.

Hadi juga mengingatkan warga yang merekam tindakan para pemuda itu. 

“Harusnya yang mengunggah video dan yang melakukan itu harus juga sama-sama kena sanksi. Ke depan harus seperti itu,” tambah Hadi.

Warga yang melihat perbuatan tak terpuji diminta juga ikut menegur.

“Jangan hanya bisa memviralkan. Mari kita jaga bersama-sama fasilitas yang disediakan pemerintah untuk masyarakat,” tukas Hadi.

Kepala Satpol PP Aman Suryaman menambahkan para remaja ini menjalani serangkaian proses pemeriksaan. Seperti kelengkapan data, membuat surat pernyataan bahwa mereka tidak akan mengulang kembali perbuatannya dan sekaligus diberikan pembinaan.

Sehingga para pelaku juga bisa mengedukasi remaja lainnya, agar tak meniru perbuatannya.

“Sesuai dengan ketentuan yang ada, sanksi itu kan enggak harus dihukum. Mungkin kerja sosial yang bisa kita lakukan, seperti kerja bakti di lokasi kejadian,” ujar Aman.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/01/14/050000578/video-viral-pemuda-mainkan-bak-sampah-hingga-rusak-taman-wali-kota--tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke